‘Waroeng Dadakan’ Hasil Kreatifitas Shantisena Ashram Gandhi Puri Saat Masa Pandemi

0
86
Menyikapi situasi pandemi Shantisena Ashram Gandhi Puri membuat waroeng dadakan.

KLUNGKUNG-Masa pandemi Covid -19 tidak membuat lemahnya gerak dan kreativitas anak muda untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Sama halnya dengan anak-anak Ashram Gandhi Puri yang disebut Shantisena. Kreativitas yang dimiliki merupakan bimbingan dan didikan dari sang pengasuh Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Manuaba, Shantisena ashram mampu bersaing dan menerapkan jiwa wirausaha dengan menjual sayur-mayur, dan membuka stand yang diberi nama “Waroeng Dadakan”.

Sayur mayur ini merupakan hasil dari keluarga dari Shantisena Ashram Gandhi Puri yang saat ini terdampak pandemi Covid 19.

Direktur Ashram Gandhi Puri, I Wayan Sari Dika, mengatakan, Waroeng Dadakan berada di Ashram Gandhi Puri Denpasar (Chhatralaya). Di tempat ini warga ashram menjual sayur disebabkan karena terkena dampak dari pandemi Covid 19.

“Sebagian besar dari Shantisena Ashram Gandhi Puri ini sebelumnya bergerak di bidang pariwisata yang masih training di hotel dan harus dirumahkan, maka untuk mensiasatinya tidak hanya dengan diam, tetapi melakukan inovasi dalam menjual sayur ini pun dibuat sedemikian rupa. Kami punya Rshikirti Yogi Garden yang berisi tanaman sayuran yang dikerjakan Shantisena di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung,” terang I Wayan Sari Dika.

Sari Dika menjelaskan, semua sayuran ini murni memang hasil dari pertanian keluarga Shantisena ashram yang berada di Rendang. Sehingga tidak hanya bermanfaat bagi Shantisena ashram, namun juga mampu menjadi solusi atas keterpurukan para petani yang ada di Rendang,Karangasem. Selain itu di Ashram Gandhi Puri juga telah dibuat kebun sayuran yang khusus dibuat untuk konsumsi warga ashram sendiri.

“Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat paket sayuran dengan harga mulai dari Rp 30 ribu sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk membelinya. Selama ini pembeli sebagian besar dilakukan dengan sistem online dan COD”, imbuh Dika.

Tidak tanggung-tanggung, paket sayuran ini dipesan dengan jumlah banyak yakni dari 10 paket bahkan hingga 150 paket sayuran.

Sementara itu, Pengasuh Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Manuaba mengatakan, kegiatan positif ini merupakan langkah untuk mendidik Shantisena ashram pada pikiran dan kerja yang produktif dan positif. Lebih penting lagi di saat pandemi Covid 19, kreativitas dan inovasi anak muda untuk mengembangkan diri berwirausaha mampu diterapkan Shantisena dengan Inovatif, Kreatif dan kerja nyata di Ashram Gandhi Puri.

“Anak muda di masa pandemi ini harus bisa memanfaatkan sosial media untuk hal yang positif dan bermanfaat,” ungkap Ida Rsi Putra Manuaba. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here