12 Hal Wajib Diperhatikan Pemilih Saat Pilkada Serentak

0
33
Media gathering : KPU Karangasem sosialisasikan hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilih saat pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020

KARANGASEM – Pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19 jadi tantangan tersendiri bagi KPU.

Pada media gathering yang dilaksanakan KPU Kabupaten Karangasem, Rabu (7/10/2020), komisioner KPU Karangasem divisi sosialisasi Deasy Natalia menyampaikan tahapan dan persiapan untuk mensukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 dengan tetap mencegah adanya kluster baru penyebaran Covid-19.

Ada 12 hal baru di TPS saat pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. Diantaranya pemilih wajib pakai masker yang tidak berisi logo partai atau atribut paslon.

“Radius 100 meter, TPS sudah harus bersih dari atribut partai atau termasuk juga masker yang berlogo paslon tertentu,” ujar Deasy Natalia.

Untuk mengecek suhu tubuh pemilih, nantinya akan di siapkan termogun. Jika ada pemilih panas suhu tubuhnya diatas normal, maka pemilih dipersilahkan untuk memilih di bilik khusus yang sudah disediakan di luar area TPS. Selanjutnya pemilih dipersilahkan pulang atau dirujuk ke rumah sakit tergantung pada kondisinya.

Di TPS juga disediakan sarung tangan plastik sekali pakai yang digunakan pemilih untuk mencoblos. Tinta menggunakan tinta tetes.

Sebelum mulai pemilihan, TPS disterilisasi terlebih dahulu. Begitupun dengan alat-alat yang digunakan seperti paku untuk mencoblos juga akan disterilkan terlebih dahulu.

Untuk mencegah kerumunan, satu TPS kapasitas untuk 500 orang pemilih. Sementara waktu kedatangan pemilij nantinya juga akan di atur oleh penyelenggara.

Hal lain yang disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan yakni tempat cuci tangan, hand sanitizer. Pemilih diimbau untuk tetap menjaga jarak, dilarang berdekatan apalagi bersalaman dan petugas KPPS. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here