Wushu Bali Bidik Medali Diluar Fokus Papua

0
51

Ricky Teguh Argawa
 
DENPASAR – Meski PON XX/2021 di Papua masih sekitar setahun lagi digelar, namun tim wushu PON Bali sudah diberikan ancang-ancang untuk meraih medali. Dan sasaran tersebut dibidik diluar fokus target tuan rumah Papua sendiri yang lebih banyak turun di nomor sanda atau tanding, sementara tim PON Bali semuanya turun di nomor taolu atau seni.  
Dalam hajatan olahraga empat tahunan itu, tim wushu PON Bali bakal diperkuat atlet yang sudah lolos PON terdiri dari tiga atlet putra dan 1 atlet putri. Mereka dipersiapkan dengan matang oleh para pelatih.


Empat atlet wushu itu seperti dipaparkan Ketua Umum Pengprov WI Bali Ricky Teguh Argawa terdiri, Ketut Adi Putra di nomor nanguan-nanguan dan Duilian Putra, IB. Herry Yasmana nomor daoshu dan gunshu serta Duilian Putra, Made Paramasuta Wijaya nomor Changquan, jianshu dan Qiangshu putra serta Jeanyta Dian Chandra nomor daoshu dan gunshu putri.


 “Memang kami memancang medali tanpa harus spesifikasi jenis medali di nomor taolu karena sejak dulu tuan rumah Papua lebih banyak fokus membidik medali di nomor sanda. Jadi peluang kami meraih medali begitu besar,” kata Ricky, Rabu (30/9/2020).


Dirinya juga paham kaitannya dengan penilaian untuk nomor taolu lebih dominan subyektif. “Ya kami tahulah untuk semua itu namun kami berpikir positif saja. Dan kami optimis meraih medali karena ada dasar tersendiri,” tambahnya.


Dasar yang dimaksud Ricky tak lain yakni salah satu atlet wushunya Jeanyta sudah berprestasi di even level nasionaldan sempat meraih medali emas di salah satu kejuaraan internasional. Kualitas dan kemampuan Jeanyta ini menjadi andalan meski peluang atlet wushu lainnya juga terbuka untukmeraih medali.   


“Kalau soal latihan memang sekarang di masa pandemi masih berkutat atlet berlatih dengan pelatihnya di masing-masing tempat latihan. Pasalnya untuk menggelar pemusatan latihan belum ada anggaran dari KONI Bali dan itu kami maklumi dengan kondisi pandemi sekarang ini,” tutup Ricky Teguh Argawa. (ari)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here