Akses Jalan Kemenuh-Sukawati Diharapkan Secepatnya Bisa Dilalui   

0
40
Akses Jalan Kemenuh-Sukawati masdala tahap perbaikan.

GIANYAR – Perbaikan akses jalan menghubungkan Kemenuh dengan Sukawati, Gianyar, yang sebelumnya jebol sudah dalam proses pemadatan dan diperkirakan akhir tahun 2020 bisa dilalui kembali.

Menurut Kepala Desa Kemenuh Dewa Made Neka,   Selasa (22/9/2020) mengatakan,   akses jalan tersebut tidak hanya sebagai jalur utama tapi juga menyajikan view menarik sebagai daya tarik wisata. Warga kedua desa bertetangga pun berharap akses jalan secepatnya bisa dilalui kembali dengan harapan untuk menggerakan roda perekonomian. “Dari segi waktu juga efektif karena dari Kemenuh ke Sukawati hanya butuh waktu 10 menit. Kalau lewat Batuan bisa dua kali lipat,”ujarnya.

Apabila pariwisata kembali membaik, Dewa Made Neka berencana mengembangkan potensi karena jalur tersebut merupakan akses menuju  wisata air terjun Tegunungan,  Pasar Seni Sukawati serta pasar umum.

Hal itu sudah dikordinasikan dengan perbekel Desa Sukawati dan Batuan. Diharapkan dari sisa nilai proyek bisa dialokasikan untuk penataan dan sudah dimohonkan ke Bupati Gianyar untuk dilakukan penataan demi menambah daya tarik. “Menggunakan pola kerjasama dengan pemilik tanah. Ada swings ada sungai petanu dengan adanya ini untuk pelestarian sungai,”ujarnya.

Dengan adanya pengembangan perekonomian tersebut, akan dibutuhkan tenaga kerja, akomodasi dan lainnya. Intinya ada pemeliharaan yang bekerlanjutan. Bagaimana sungai itu menjadi bersih dan tidak terjadi sidimentasi. “Pak Bupati dua tahun lalu sudah merespon hal tersebut tapi khan prosesnya lama memerlukan waktu prosedur,” jelasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here