LPD Kedonganan “Mepatung Be Celeng” dan Bagikan Kupon Belanja

0
40
Penyerahan daging babi secara simbolis di LPD Kedonganan.

BADUNG – LPD Kedonganan membagikan daging babi kepada nasabah dan krama adat, Senin (14/9/2020). Selain “mepatung be celeng” yang menjadi program rutin menjelang hari raya Galungan, juga ada pemberian beras serta kupon belanja senilai Rp 50 ribu .

Ketua LPD Kedonganan I Ketut Madra menuturkan, daging babi dan kupon belanja diberikan kepada krama ngarep (warga adat) yang memiliki saldo mengendap di LPD Kedonganan minimal Rp 200 ribu. Sedangkan bagi nasabah krama tamiu serta tamiu (pendatang-red) bisa mendapatkan daging babi dan kupon belanja apabila memiliki saldo tabungan minimal Rp 10 juta atau deposito lebih dari Rp 50 juta. Sedangkan untuk beras, krama ngarep mendapat sebanyak 10 kg dan krama tamiu 5 kg. “Jika nasabah krama ngarep, krama tamiu, dan tamiu memiliki tabungan atau deposito lebih dari Rp 200 juta akan mendapatkan tambahan parsel,” katanya.

Khusus kupon belanja warga adat bisa dibelanjakan di 150 warung di Kedonganan milik krama adat yang diikutkan dalam program kupon belanja LPD Kedonganan. Sedangkan bagi nasabah krama tamiu bisa dipakai transaksi di Tenten Krama Desa Adat Kedonganan (Tekad) “Secara praktis, program kupon belanja di warung lokal ini bertujuan untuk membuka peluang bagi warung-warung lokal milik krama sekaligus memeratakan rejeki di masa pandemi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Tata Usaha LPD Kedonganan I Wayan Suriawan menyebutkan, penerima paket daging babi yang dibagikan LPD Kedonganan tercatat 3.150 orang. 1.644 orang diantaranya merupakan penerima paket I terdiri atas 1.223 krama ngarep, 59 orang krama lemetenan pemilik saldo tabungan sama atau lebih dari Rp 200 juta, 36 krama tamiu dengan saldo tabungan sama atau lebih dari Rp 200 juta, 77 orang nasabah krama tamiu dengan saldo deposito sama atau lebih dari Rp 200 juta, 15 nasabah kredit terbaik, serta 234 undangan. Sementara 1.506 lainnya adalah penerima paket II yang terdiri atas 1.197 krama tamiu dengan saldo tabungan sama atau lebih dari Rp 10 juta hingga Rp 200 juta dan 309 krama tamiu dengan saldo deposito sama atau lebih dari Rp 50 juta hingga lebih dari Rp 200 juta. “Program berbagi daging babi setiap menjelang hari raya Galungan merupakan revitalisasi tradisi mapatung sebagai nilai manfaat (labdha) yang diberikan LPD Kedonganan kepada krama dan nasabah. Program ini dimulai pada perayaan Galungan 4 Juli 2011,” singkatnya. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here