Ini Kendala FPTI Bali Kirim Atlet ke Seleknas Junior

0
86


KESULITAN: Berbagai kesulitan menghadang FPTI Bali mengirim atlet panjat tebing ke seleknas junior.

DENPASAR – Kendala dialami Pengprov FPTI Bali untuk mengirimkan atlet panjat tebing juniornya untuk mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) yang digelar PB TI di Jakarta. Pendaftaran Seleknas sendiri ditutup pada 11 September mendatang. Proyeksi seleknas untuk atlet di Olimpiade 2024 di Paris, Perancis.


Seperti diutarakan Wakil Ketua II Pengprov FPTI Bali Suhardi Eka Prasetya, setiap provinsi diundang PB TI untuk mengirimkan atlet junior terbaiknya untuk mengikuti seleknas itu, dan tiap provinsi diberikan kuota pengiriman atlet 3 putra dan 3 putri. Sedangkan hasil seleknas nanti bakal ditentukan 6 atlet putra dan 6 atlet putri yang bakal masuk Pelatnas panjat tebing.
“Kami sudah memberikan informasi tersebut kepada para atlet junior yang berusia 14 sampai 17 tahun seperti persyaratan seleknas, kepada pengkab dan pengkot FPTI di seluruh Bali. Namun respon masih sedikit. Ini dikarenakan juga semua biaya ditanggung masing-masing oleh atlet yang mengikuti seleknas itu sendiri,” tutur Suhardi ketika dihubungi, Selasa (01/9/2020).


Hanya saja memang kendala cukup banyak dihadapi lanjutnya, karena selain biaya sendiri yang ditaggung juga kualitas atlet junior yang ada kualitasnya masih belum mengkilap di level nasional maupun internasional. “Sebenarnya ada atlet junior seperti Himalaya Surya dan kawan-kawan namun sayangnya usianya lewat dan melebihi persyaratan. Mereka merupakan atlet junior yang bisa diandalkan. Nah dengan kondisi seperti itu ahirnya untuk pelapis atlet berikutnya untuk usia yang ditentukan belum ada ang mencuat prestasinya,” tambah Suhardi.


Belum lagi kendala dengan atlet junior yang selama pandemi belum bisa latihan secara maksimal di lintasan panjat tebing dan hanya latihan fisik saja sehingga berpengaruh terhadap persiapan untuk seleknas tersebut. Akibatnya dengan kondisi itu bakal sulit bisa bersaing dalam seleknas nanti. (ari)     
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here