DTW Tanah Lot Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

0
54

Pengunjung bisa menikmati keindahan DTW Tanah Lot dengan santai

TABANAN – Setelah hampir empat bulan  tutup dan tidak menerima kunjungan wisatawan, akhirnya mulai Senin (20/7/2020), DTW Tanah Lot kembali dibuka. Tentunya keputusan untuk membuka kembali kawasan wisata yang terkenal dengan keindahan alam, pura, dan sunsetnya ini sudah melalui proses verifikasi yang cukup panjang serta telah mendapat sertifikat Tatanan Era Baru (New Normal) yang langsung diserahkan oleh Bupati Tabanan bersamaan dengan dibukanya lima DTW yang ada di Kabupaten Tabanan.  Selama 12 hari dibuka  selama bulan Juli jumlah pengunjung mencapai 4.304 orang atau rata-rata 350 orang lebih per hari.

Manajer operasional   DTW Tanah Lot  I Ketut Toya Adnyana mengatakan, verifikasi tahap I dilaksanakan pada Jumat (12/7/2020) oleh Satgas Covid=19 Kabupaten Tabanan yang diketuai langsung  Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan  I Gede Susila didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan : I Gede Sukanada. Verifikasi tahap II dilaksanakan Minggu (12/7/2020). “Kegiatan verifikasi dalam dua tahap ini dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih meyakinkan kesiapan kami di  DTW Tanah Lot dalam menerapkan protokol Tatanan Era Baru (New Normal) bila sudah tiba saatnya untuk dibuka Kembali,” katanya, Minggu (02/8/2020).

Toya Adnyana mengatakan, pihaknya dan segenap jajaran manajemen sangat mendukung dilaksanakannya verifikasi tersebut untuk lebih meyakinkan semua pihak termasuk wisatawan nantinya bahwa DTW Tanah Lot aman untuk dikunjungi dan sudah siap dengan protokol Tatanan Era Baru dengan telah tersertifikasinya DTW Tanah Lot ini. “Kami sangat antusias dengan diadakannya tahapan verifikasi ini untuk lebih meyakinkan wisatawan khususnya, bahwa DTW Tanah Lot layak untuk dikunjungi dan tidak usah khawatir karena sudah menerapkan protokol dengan disiplin. Dan kami dimanajemen  sudah berusaha keras untuk memenuhi persyaratan yang sesuai dengan protokol Tatanan Era Baru yang ditetapkan oleh Pemerintah. Buktinya Senin kemarin kami sudah mendapat sertifikat. Jadi itu nantinya yang menjadi dasar kepercayaan wisatawan untuk yakin berkunjung ke DTW Tanah Lot,” ujarnya.

Selama hampir dua pekan sejak dibuka per 20 Juli 2020 kemarin, terlihat kunjungan   masih didominasi wisatawan domestik, walaupun masih terlihat beberapa wisatawan mancanegara. Dari data yang didapat jumlah kunjungan dari tanggal 20 Juli sampai 31 Juli 2020, wisatawan domestik sebanyak 4.179 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 225 orang. Dengan dibukanya pasar domestik per 31 Juli 2020 ini oleh Pemerintah diharapkan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot khususnya. “Kunjungan memang belum bisa normal seperti dulu saat sebelum pandemi melanda hampir seluruh dunia. Karena ini awal, apalagi 31 Juli ini baru pembukaan pasar domestik, mudah-mudahan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot. Dan kita juga berharap kedepannya pasar mancanegara bisa dibuka karena selama ini China yang mendominasi kunjungan di DTW Tanah Lot. Dan mudah-mudahan kunjungan bisa normal seperti dulu tentunya dengan tetap mentaati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang sudah berjalan,” tutupnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here