Sekaa Teruna Dlodtangluk Sulap Kali Jadi Bersih dan Asri

0
441
GOTONG ROYONG : Sekaa Teruna Dharma Prawrethi Banjar Dlodtangluk bersihkan kali, Kamis (21/5/2020).

GIANYAR – Aliran air di sungai Banjar Dlodtangluk, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, kini bersih dari genangan sampah. Pinggiran kali juga dijejer puluhan tanaman sehingga terlihat asri.

Pemandangan itu berkat inisiatif Sekaa Teruna Dharma Prawerthi Banjar Dlodtangluk, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar. Mereka tergerak karena prihatin terhadap kondisi kali yang selalu penuh dengan sampah hingga air meluap. Kondisi itu tidak terjadi saat musim hujan saja.

Ketua Sekaa Teruna Kadek Budi Setiawan, Kamis (21/5/2020) mengatakan, luapan air sering terjadi dan sudah bertahun-tahun. Petugas BPBD sempat dikerahkan untuk memperlancar aliran air tapi tidak membuahkan hasil.  “Penyebabnya karena sampah dari hulu terbawa air hingga masuk gorong-gorong sehingga air meluap” kata Budi Setiawan.

Ia bersama anggotanya langsung gotong royong membersihkan kali kemudian memasang sekat besi  untuk menjaring sampah yang dibeli menggunakan kas STT. “Kemarin malam saat hujan tidak ada genangan lagi. Setiap sore kami selalu bergotong royong mengambil sampah-sampah yang tersangkut di jaring,”ungkapnya.

Sekaa Teruna juga menata pinggiran kali dengan menempatkan pot tanaman. Bahkan, rencananya sepanjang aliran kali akan diisi lukisan mural serta menebar ribuan ikan. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here