BulelengPemerintahanPolitikTerkini

Pemkab Buleleng Raih Penghargaan Nasional Pencairan Banpol 2024

BULELENG – Pemkab Buleleng meraih penghargaan nasional atas pencapaian dalam pencairan Bantuan Keuangan kepada Partai Politik (Banpol) dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Selain Kabupaten Buleleng, penghargaan atas pelaksanaan amanat Mendagri No. 900.1.10/e=1/Polpum, tanggal 19 Desember 2023 tentang Percepatan pelaporan pertanggungjawaban bantuan keuangan kepada Parpol T.A. 2024 juga diberikan kepada Pemprov DIY.

“Kami mengapresiasi capaian dari Pemkab Buleleng dan Pemprov DIY yang secara berturut mendapat penghargaan ini sebagai wujud kepatuhan dan peran pemerintah dalam pembinaan partai politik,” tandas Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Syarmadani pada penyerahan penghargaan di Kota Batu Jawa Timur, Kamis (20/6/2024).

BACA JUGA:  Menjadi Temuan Bawaslu, 12 WNA Masuk Daftar Pemilih Dicoret KPU Buleleng

Menyikapi penghargaan yang diterima, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) Kabupaten Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono mewakili Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyatakan penghargaan yang di terima merupakan bentuk kepatuhan dan komitmen Pemkab Buleleng dalam menjalankan fungsi pemerintah dalam pembinaan partai politik.

“Sesuai arahan pemerintah pusat, bantuan keuangan parpol yang diterima lebih awal bisa dipergunakan oleh parpol untuk peningkatan peran strategis dalam pelaksanaan pendidikan politik guna mendukung sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Nasional tahun 2024,” tendasnya.

Ia menambahkan, penghargaan yang diraih juga merupakan buah dari sinergitas kolaboratif yang terjalin baik antara BKBP bersama OPD terkait, partai politik penerima banpol, tim verifikasi administrasi banpol serta tim pemeriksa pertanggungjawaban banpol dari BPK Republik Indonesia Perwakilan Bali. (kar/jon)

Back to top button