EkonomiJembrana

Bupati Tamba Kunjungi Produksi Jam Tangan Kayu Handmade di Medewi

Siap Dipajang di Sentra Tenun Jembrana

JEMBRANA – Bupati Jembrana I Nengah Tamba Rabu (17/4/2024) mengunjungi tempat  pembuatan jam tangan kayu (handmade) di Desa Medewi Kecamatan Pekutatan. 

I Putu Edit Andi Pratama, memanfaatkan kediaman orang tuanya sebagai bengkel dan mencoba usaha bergerak dalam pembuatan jam tangan berbahan kayu. Karya jam tangan di pengrajin ini  terbilang unik, seluruh material rantai atau tali temali jam hingga tempat penentu waktu berbahan dari kayu, yang dirangkai dan ditata apik layaknya jam berbahan logam. 

Bupati  Tamba  didampingi Ny Candrawati  sangat mendukung kreatifitas anak muda Jembrana yang mampu bersaing untuk menciptakan inovasi-inovasi yang mempunyai nilai sangat tinggi. “Ini sangat luar biasa, saya akan membantu usaha handmade ini,” kata Bupati.

 

Bupati Tamba menyuruhnya membuat sampel  jam tangan yang nantinya dipajang di Sentra Tenun Jembrana. “Kita sudah punya Sentra Oleh Oleh, silahkan pajang disana, astungkara hasil  karyanya lebih dikenal luas, bahkan bisa menjadi  booming dan luar biasa,“ kata Bupati Tamba.

Bupati  Tamba menjelaskan kedatangannya ingin melihat secara langsung hasil karya handmade Putu Edit, dan sekaligus membantu  dalam  eksibisi yang besar kita akan libatkan.  

Sementara itu, I Putu Edit Andi Pratama  mengungkapkan awal mula memulai usaha kerajinan ini beberapa tahun lalu. Awalnya dia  kesulitan pada  pemilihan bahan  kayu. Setelah berjalan beberapa bulan  baru menemukan  jenis kayu yang tepat, yakni kayu sonokeling dan  maple, kedua kayu sama sama memiliki pori halus serta serat eksotik. Kayu itu kemudian dijadikan bahan utama jam kayu. Produk jam kayunya dia  beri label ‘Rocke Handycraft’ dengan harga satu buah jam yang siap dipakai kisaran Rp 350-430 ribu.

Untuk pemasaran selain Bali juga merambah keluar Bali. sudah sampai keluar Bali. Penjualan selain pembelian langsung ke tempat kerjanya juga dia layani melalui  order via online. “Kita biasanya melayani pembelian langsung jika barang tersedia. Tapi, jika barang tidak ada, kita melayani pre order,” katanya. (ara,dha)

Back to top button