BudayaDenpasarHeadlineSosialTerkini

Arus Penumpang di Pelabuhan Gilimanuk H+3 Capai 577.430

DENPASAR – Arus balik penumpang dari pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang, Banyuwangi ke pelabuhan Gilimanuk, Jembrana pada H+3 Lebaran 1445 Hijriah tahun 2024, tepatnya pada Sabtu (13/4) telah mencapai 577.430 penumpang.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Darmadi, saat dikonfirmasi Minggu (14/4/2024).

Kasatpol PP Provinsi Bali Dewa Rai Darmadi menjelaskan pihaknya melakukan pemantauan harus balik Lebaran pada pos-pos pemeriksaan KTP di pelabuhan Gilimanuk melibatkan tim provinsi dan kabupaten.

Menurutnya arus balik Lebaran dari pulau Jawa ke Bali berjalan aman, arus kendaraan cukup lancar hingga H+3 harus balik Lebaran pada Sabtu kemarin tidak ada permasalahan.

BACA JUGA:   OTT Bendesa Adat Berawa, Penyidik Kebut Berkas Perkara

Sesuai data yang diterima terima dari pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferri tercatat sebanyak 10.571 penumpang dewasa pejalan kaki, anak-anak 269 orang, sehingga totalnya mencapai 10.840 orang. Sementara penumpang dengan kendaraan sampai pada H+3 Lebaran, mencapai 566.590 orang.

“Total arus penumpang dari Ketapang dan tiba di pelabuhan Gilimanuk per Sabtu 13 April mencapai 577.430 penumpang,”ujarnya.

Dewa Darmadi mengatakan secara detail rincian kendaraan yang masuk Bali melalui pelabuhan Gilimanuk tercatat kendaraan roda dua sebanyak 92.876, kendaraan roda empat 57.002, bus 4.809, truk 17.151, kendaraan truk roda empat dan lebih 78.962 sehingga total kendaraan masuk Bali hingga H+3 Lebaran telah mencapai sebanyak 171.839 kendaraan.

BACA JUGA:   Calon Perseorangan Pada Pilkada Klungkung 2024 Tidak Laku

Dewa Darmadi juga mengakui selain jumlah arus balik Lebaran tahun ini meningkat akan tetapi jauh lebih tertib dari tahun lalu. Selain lancar dan tidak ada kemacetan, administrasi kependudukan juga sangat tertib khususnya pekerja-pekerja proyek yang sifatnya musiman.

“Kami harus akui semua lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan meskipun volume kendaraan meningkat dan administrasi kependudukan dari pekerja proyek sangat tertib,”katanya.

Meski demikian, Dewa Darmadi berharap para pekerja proyek yang tiba di Bali atau ditempat mereka bekerja supaya segera melapor pada kepala lingkungan setempat sehingga data kependudukannya tercatat dimasing-masing wilayah temoat mereka bekerja. (arn/jon).

Back to top button