Pilkel Serentak Tanpa Konflik, Ketua Dewan Badung Harapkan Perbekel Terpilih Berinovasi

0
127
Ketua DPRD Badung Putu Parwata

MANGUPURA- Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) di Kabupaten Badung pada Minggu 22 Mei 2022 mendapat apresiasi oleh lembaga DPRD Badung. Pelaksanaan Pilkel dinilai sudah baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak ada gugatan dari yang kalah, meski persaingan perolehan suaranya cukup ketat.

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Selasa (24/5/2022) mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa serta kebijakan Bupati badung melalui Perbup terkait pemilihan kepala Desa di Kabupaten Badung yang telah berjalan lancar.

“Tidak ada seperti tahun-tahun lalu yakni kekisruhan akibat tidak jelasnya petunjuk teknis dalam Pemilihan utamanya pada tata cara pencoblosan surat suara simetris,” ujarnya.

Untuk tahun ini, kata Politisi PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini, dilihat secara keseluruhan nerjalan dengan baik. Perbupnya sudah diatur dengan baik, sosialisasi juga berjalan dengan baik dan semuanya sudah dilaksankan dengan baik. Termasuk ada kandidat yang meninggal suaranya dialihkan kemana, semuanya jelas dan tidak ada kekisruhan.

“Dari pemantauan kami dari tanggal 21 hingga 22 mei 2022 semuanya aman-aman saja. Kesadaran masyarakat dalam pemilihan Pilkel ini juga mesti kami apresiasi. Bahkan pemilih datang ke TPS sampai 90 persen lebih dan ini menjadi salah satu indikator dalam membangun desa,” paparnya.

Pihaknya juga berharap, dari Sembilan kepala desa yang sudah dilantik ini nantinya betul-betul bisa mengapresiasi peran masyarakat yang telah memilihnya dan merealisasikan janji-janji mereka terutama inovasi pembanguan dimasing-masing desa mereka.

“Semua kepala Desa terpilih artinya dipercaya oleh masyarakat dan kepercayaan masyarakat ini agar dijaga secara moral sehingga perbekel ini betul-betul menghargai dan membuat program-program yang memang ada kaitannya dengan masyarakat. Jadi ada inovasi baru yang dibuat oleh Perbekel yang nantinya dimanfatkan oleh masyarakat desa tersebut,”tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Badung, Komang Budi Argawa mengatakan, pelaksanaan pilkel serentak di Kabupaten Badung berjalan dengan lancar. Tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih juga baik.

“Tingkat partisipasi masyarakat desa memilih bahkan ada yang mencapai 93 persen lebih. Hal ini menandakan Pilkel di Badung sudah berjalan lancar. Selain itu pemantauan secara virtual juga dilakukan dari pusat. Jadi pusat mengetahui bagaimana jalannya Pilkel yag kita selenggarakan ini,” ujarnya.(litt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − eleven =