Pengelola Akomodasi Pariwisata Tabanan Dilatih Tangani Kebakaran

0
158
pelatihan pemadaman kebakaran
Pelatihan penggunan APAR untuk pemadaman api bagi pengelola akomodasi pariwisata di Kecamatan Seltim

TABANAN –   Jajaran Polsek Seltim menggelar pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran bagi para pengelola atau pekerja pariwisata, Kamis (13/1/2022). Tujuannya melatih kesiapsiagaan pengelola atau pekerja di tahap awal bila terjadi kebakaran. Apalagi di Selemadeg Timur relatif banyak memiliki tempat wisata seperti villa atau penginapan.

Pelatihan yang melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja dan Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Tabanan sebagai pemateri ini dipusatkan di Villa Umadhatu, Banjar Megati Kelod, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur. Dikatakan, saat situasi ekonomi sudah membaik, sektor pariwisata bergerak lagi, para pengelola maupun pekerja villa tersebut sudah punya bayangan  yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran.

Dengan pelatihan tersebut, pihak Polsek Seltim berharap, pengelola maupun pekerja vila memiliki respon cepat dan tepat dalam menanggulangi kebakaran pada tahap awal. Sambil menunggu datangnya bantuan dari  Pemadam Kebakaran.

“Asosiasi villa sudah dibentuk  untuk membangun pola-pola keamanan dan kenyamanan. Pelatihan ini salah satu bentuknya,” jelas Kapolsek Seltim, AKP Ni Luh Komang Sri Subakti.

Bukan hanya penanganan kebakaran saja dengan menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) saja. Pelatihan juga mencakup standar keamanan dan kenyamanan lainnya. Seperti pemanfaatan life jacket dan sarana penunjang keselamatan lainnya. Pelatihan tersebut juga dikemas dalam bentuk simulasi. Sehingga tidak hanya berfokus pada langkah-langkah yang harus dilakukan, namun kepada siapa koordinasi awal dilakukan salah satunya bhabinkamtibmas.

“Ini yang menjadi alasan saya mengapa ingin sekali membuat simulasi penanganan kebakaran dan potensi gangguan kamtibmas lainnya. Pada intinya, saya ingin semua pihak saling bekerja sama,” sebutnya.(jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − eight =