Rugby Siapkan Tim Lebih Solid

0
120
Salah seorang pemain tim Rugby PON Bali (kiri) saat menghadang lawan di PON Papua silam. (wb/PBPONXXPapua)

DENPASAR – Mengacu dari raihan medali perunggu di PON Papua yang dipersembahkan tim rugby PON Bali, Pengprov PRUI Bali mulai sekarang akan menyiapkan tim lebih solid lagi guna menghadapi PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Hal itu sekaligus menghilangkan kendala non teknis yang mungkin nantinya menjadi kendala.

Seperti diutarakan Ketua Umum Pengprov PRUI Bali I Made Erawan, kendala non teknis lalu yang muncul tak lain karena terbatasnya jumlah pemain yang bertanding di Papua lalu.

“Kami ikut di nomor 7s artinya 7 lawan 7. Sedangkan kami berkekuatan hanya 1o orang. Jumlah itu sangat terbatas,” kata Erawan, Senin 25 Oktober 2021.

Sebelumnya memang tim rugby menyiapkan 12 orang pemain namun menjelang PON muncul aturan baru dimana pemain yang boleh tampil minimal berusia 18 tahun. Akibatnya dua atlet Bali saat itu usianya di bawah 18 tahun tak bisa tampil.

“Makanya kami ke Papua dengan tim yang seadanya. Meski dengan keterbatasan, kami mampu menyumbang perunggu. Bahkan tidak ada juara tiga bersama karena untuk perebutan perunggu itu diadu kembali,” sebut Erawan yang juga Sekum KONI Gianyar ini.

Dari pengalaman itu, dirinya kini mulai merancang tim lebih awal mulai dari sekarang. Apalagi sinyal dari PB PRUI, pada PON 2024 mendatang kategori akan ditambah. Informasi yang ia dapat, akan ada tiga penambahan kategori yakni rugby 5 lawan 5, 10 lawan 10 dan touch rugby selain rugby 7s itu.

“Semuanya itu mempertandingkan putra dan putri. Jadi ada kesempatan kami mengirim tim putra juga dan peluang menambah medali. Termasuk aturan umur maksimal itu dibebaskan asal minimal 18 tahun,” tutupnya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 15 =