Butuh Strategi Jitu Buka Penerbangan Internasional Bali

0
249
Kresna Budi ingatkan strategi jitu buka pariwisata Bali

BULELENG – Jangan kaget, saat pintu penerbangan internasional Bali dibuka, belum ada wisatawan yang masuk atau booking hotel. Karena, butuh strategi jitu untuk membuka destinasi pariwisata ditengah Pandemi Covid-19 yang tak hanya berlangsung di Bali, Indonesia, tapi diseluruh negara di dunia.

“Selain mengetahui tingkat sebaran virus dan kasus aktif dari negara yang diijinkan masuk, persyaratan masuk yang lebih simple serta komunikasi awal dengan kedutaan negara yang diijinkan masuk sangat dibutuhkan,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bali, IGK Kresna Budi, Minggu 17 Oktober 2021.

Dari pemantauan dan hasil evaluasi, kata Kresna Budi yang juga Ketua DPD Partai Golkar Buleleng, pembukaan 19 negara masuk ke Bali seperti Saudi Arabia, United Arab, Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia, tentu sudah mempertimbangkan tingkat sebaran Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan.

“Yang perlu diperhatikan adalah persyaratan masuk seperti karantina, yang dirancang 8, 5 dan 3 hari. Mungkin skemanya bisa dibalik 3, 5 dan 8 hari sesuai dengan kondisi terkini sebaran dan kasus aktif,” terangnya.

Kresna Budi menambahkan, disamping skema penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat sebagai upaya negara melindungi warganya, pembukaan penerbangan internasional atau pembukaan destinasi pariwisata juga tetap harus dibarengi dengan promosi pariwisata.

“Terutama, promosi terkait kondisi destinasi pariwista Bali yang aman serta nyaman bagi wisatawan dari penyebaran virus corona desiase, promosi destinasi pariwisata Bali sebagai Health Torism. Setiap destinasi sudah menerapkan CHSE, Cleanliness, Health, Safety dan Environmenr Sustainability sebagai syarat destinasi pariwisata internasional saat ini,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + two =