Seluruh Fraksi Setujui Pembahasan Ranperda Inisiatif Sistem Pertanian Organik

0
99
Rapat Paripurna internal, seluruh Fraksi DPRD Buleleng setujui pembahasan Ranperda SPO

BULELENG – Wakil rakyat yang tergabung dalam fraksi maupun gabungan fraksi di DPRD Kabupaten Buleleng menyatakan sepakat dan menyetujui pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif tentang Sistem Pertanian Organik (SPO) menjadi Perda Kabupaten Buleleng. Persetujuan fraksi dan gabungan fraksi disampaikan masing-masing juru bicara (jubir) pada rapat paripurna internal DPRD Buleleng dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Ranperda tentang SPO.

“Melalui pemandangan umum yang disampaikan oleh masing-masing jurubicara, seluruh fraksi di DPRD Buleleng menyatakan dapat menerima dan setuju, Renperda tentang SPO ini dibahas lebih lanjut dan ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Buleleng,” tandas Wakil Ketua DPRD Buleleng, Gede Suradnya, Senin, 11 Oktober 2021 usai memimpin rapat di Gedung DPRD Buleleng.

BACA JUGA:   Nelayan Penuktukan Hilang Saat Melaut

Wakil Ketua DPRD Buleleng dari Fraksi Partai Gerindra ini memaparkan selain kondisi pertanian saat ini yang sangat memperihatinkan akibat penggunaan pupuk kimia, Gabungan Fraksi PDP Perjuangan, Gerindra, Demokrat dan Perindo melalui jubirnya, Made Lilik Nurmiasih, Fraksi Partai Golkar melalui jubirya Ketut Patra, Fraksi Partai Nasdem melalui jubirnya Made Sudiartha serta Fraksi Partai Hanura melalui jubirnya Ketut Wirsana juga menyetujui pembentukan Perda SPO sebagai turunan dari aturan diatasnya.

BACA JUGA:   Tambah Ruang Isolasi RSUD dan Genjot Vaksinasi

“Seperti Peraturan Menteri Pertanian No. 64/PERMENTAN/OT.140/5/2013 tentang Sistem Pertanian Organik dan Perda Provinsi Bali No. 8 Tahun 2019 tentang Sistem Pertanian Organik,” tandas Suradnya.

Dia menegaskan, pembentukan Perda Kabupaten Buleleng tentang SPO diharapkan dapat mendukung penguatan dan penyelamatan pertanian, mendorong petani terutama petani millenial untuk memproduksi pangan sehat dengan SPO.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 15 =