Gemakan Spirit ‘Sura Magada’, P3B Gelar Bhakti Sosial Kemanusiaan

0
187
sosial
Koordinator P3B, Wika Krisna geber Spirit Sura Magada peringatan 153 Tahun Perang Banjar

BULELENG – Spirit ‘Sura Magada’, terus digemakan tokoh dan generasi muda yang tergabung dalam Paiketan Pasemetonan Perang Banjar (P3B). ‘Sura Magada’ digemakan P3B yang dimotori Ida Bagus Wika Krisna untuk dapat menggugah semangat perjuangan dan perlawanan Rakyat Banjar yang dipimpin Ida Made Rai terhadap penjajahan Belanda.

“Kami sebagai pewaris dari spirit Sura Magada, berupaya mengimplementasikan nilai-nilai perlawanan tidak saja harus berperang, tapi kecintaan terhadap tanah air, menjadi spirit untuk berbagi kepada sesama, saudara kita yang membutuhkan pada saat Pandemi Covid-19,” ungkap Wika Krisna, Minggu 19 September 2021 pada peringatan 153 Tahun Perang Banjar di Jaba Pura Melanting, Desa Banjar.

BACA JUGA:   Resmikan Pos Sekat, Buleleng Masih Gratiskan Biaya Rapid Test

Wika Krisna menandaskan, dengan spirit Sura Magada, P3B yang terdiri dari keturunan pimpinan dan pasukan Perang Banjar memperingati kisah heroik 153 Tahun Perang Banjar, tanggal 20 September 2021 dalam bentuk kegiatan sosial kemanusiaan.

“Untuk saat ini, karena situasi pandemi peringatan 153 Tahun Perang Banjar kita lakukan secara sederhana, kita fokuskan pada kegiatan kemanusiaan. Dengan menggalang dana, membuat 300 paket sembako untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan di Desa Banjar, Pedawa, Tigawasa, Sidetapa, Cempaga dan Kayu Putih,” tandasnya.

BACA JUGA:   Cabut Laporan, Warga Sidatapa Berharap PPKM-Humanis

Selaku keturunan Raja Ida Made Rai yang juga pemimpin Perang Banjar, Wika Krisna berharap Spirit Sura Magada dapat diketahui, dipahami dan diwariskan kepada generasi muda.

“Sejarah harus diwariskan, bukan dalam konteks kita ingin nama besar, tapi spirit dan semangatnya yang diwariskan kepada generasi muda,” tandas Wika Krisna yang juga berharap permohonan keluarga agar proses penetapan Ida Made Rai sebagai Pahlawan Nasional dapat disikapi pemerintah.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =