Ratusan PMI Siap Berangkat ke Luar Negeri

0
74

GIANYAR -Tercatat 196 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Gianyar telah mengantongi dokumen sebagai syarat bekerja di luar negeri. Bahkan, beberapa orang sudah berangkat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Anak Agung Dalem Jagadhita mengatakan, pihaknya memfasilitas seluruh dokumen yang diperlukan sehingga sudah sesuai prosedur bekerja di negara tujuan. “Dari 196 PMI sudah ada yang berangkat dan ada yang menunggu panggilan dari perusahaannya,” ujar Jagadhita, Kamis 3 Juni 2021.

BACA JUGA:   Apresiasi Penerima 'Receh', Tim Kejari Bidik 'Otak' PEN Pariwisatagate

Ia menegaskan,  PMI yang berangkat tanpa disertai dokumen yang sah dipastikan dipulangkan karena pemeriksaan di masa pandemi Covid -19 cukup ketat. “Belum semua negara bisa memperkerjakan PMI asal Indonesia karena kondisinya masih buka tutup. Saat ini sebagian besar lapangan kerja ada di darat.  Kalau di kapal pesiar baru buka beberapa dan sekitar 32 negara yang buka lowongan untuk PMI,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pantai di Sukawati Ditutup saat Ngembak Geni

Jagadhita  juga menyebutkan ada sekitar 1.500 warga Gianyar tengah bersiap-siap mengurus dokumen. “Mereka itu (PMI) sudah mencari informasi secara mandiri. Sebagian belum mengurus dokumen dikarenakan negara sebagai tempat kerjanya belum buka,” sebutnya.  (jay)

BACA JUGA:   Pelaku Curanmor Bius Korban dengan Obat Tidur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here