Disdukcapil Gianyar Siap Layani e-KTP Warga Transgender

0
269
Kadis Dukcapil Kabupaten Gianyar Gede Bhayangkara.

GIANYAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar sudah siap melayani administrasi kependudukan bagi warga transgender.

Kepala Disdukcapil Gede Bhayangkara mengungkapkan pelayanan administrasi kependudukan bagi warga trasngender sesuai petunjuk Dirjen Catatan Sipil. “Warga negara yang transgener bisa memilih jenis kelamin dalam e-KTP laki-laki atau perempuan dengan catatan harus menyertakan putusan pengadilan. Tidak ada jenis kelamin ketiga, hanya ada laki-laki atau perempuan,”ujarnya, Selasa 4 Mei 2021.

Disdukcapil, kata Gede Bhayangkara, hanya bertugas mengikuti dan mencatat apa yang menjadi putusan pengadilan. “Sepanjang undang-undang memungkinkan dan sesuai persyaratan maka akan dicatat. Sesuai undang-undang, setiap warga negara harus dilayani hak-hak,” ungkapnya.

Terkait pelayanan e-KTP, Gede Bhayangkara mengaku selama ini sudah berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Hanya, ia meminta permakluman karena masih terbatasnya sarana prasaran seperti mesin cetak e-KTP yang hanya ada dua unit di Kantor Disdukcapil serta tujuh mesin di masing-masing kecamatan. “Setiap hari maksimal hanya bisa mencetak 80 e-KTP. Jika over kapasitas, mesin cepat panas dan bisa merusak keping E-KTP,”ungkapnya.

Permasalahan lain yang menghambat pencetakan e-KTP seperti jaringan internet lelet hingga server eror. “Ini yang menggunakan nasional sehingga kadang ada saja permasalahan,”ungkap Bhayangkara sembari menyebutkan stok blanko e-KTP masih 6.389 keping.

Tak hanya E-KTP, memasuki tahun ajaran baru juga banyak masyarakat datang melakukan perbaikan kesalahan identitas kependudukan. “Kebanyakan salah penulisan nama karena harus disesuaikan dengan ijazah. Kalau hanya merubah dari A menjadi E masih bisa dibijaksanai, tapi kalau misalnya dari Anak Agung Ke Gusti harus ada putusan pengadilan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here