Manca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu Ditunda Enam Sasih

0
87
DITUNDA : Pengemong dan pengempon meminta arahan ke Bagawanta Griya Tegal Sari terkait kesepakatan penundaan Karya Manca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu.

BADUNG – Karya Manca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu yang rencana awal dilaksanakan pada 4 Mei 2021 (Anggarakasih Medangsia) ditunda selama enam sasih.

Bendesa Adat Pecatu Made Sumerta menuturkan, penundaan sebagai penyesuaian memperhatikan terbitnya surat edaran bersama antara PHDI dan MDA tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Saka 1943. Selain itu, Karya Manca Wali Krama juga membutuhkan waktu persiapan sampai 1,5 bulan. “Rencana penundaan itu sudah kami bicarakan dan sepakati dengan Puri Jero Kuta selaku pengempon. Selain itu, kami juga sudah mohon arahan Bagawanta ke Griya Tegal Sari, dan beliau juga sudah sepakat,” ungkap Sumerta selaku pengemong mewakili krama Desa Adat Pecatu, saat dihubungi WARTA BALI, Minggu (31/1/2021).

Dari pertimbangan tersebut, Karya Manca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu rencana dilaksanakan pada 30 November 2021. “Setelah kita hitung-hitung, kalau tidak salah itu pada 30 November 2021 Pujawali kembali dilaksanakan. Momen itulah yang rencana kita pakai untuk melaksanakan Karya Manca Wali Krama,” ucapnya.

Kesepakatan antara pengempon dan pengemong yang sudah mendapat restu dari Bagawanta akan disampaikan kepada Pemkab Badung selaku panitia pelaksana. “Jadi, nanti akan ada rapat lagi antara pengemong, pengempon, Bagawanta, dan panitia, untuk keputusan terakhir,” ungkapnya. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here