Buleleng Siap Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap I

0
119
Gede Suyasa

BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Satgas Penanganan Covid-19 segera menjemput Vaksin Covid-19 ke Denpasar. Rencananya, sebanyak 7.440 vial vaksin, jatah Kabupaten Buleleng pada program vaksinasi Tahap I akan dijemput Tim Medis Satgas-PP Covid-19 Selasa (26/1/2021).

“Tadi sudah berkoordinasi dengan polisi dan Satpol PP untuk melakukan pengawalan, penjemputan vaksin sesuai protap oleh Polda Bali atas dasar surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” ungkap Sekretaris Satgas-PP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Senin (25/1/2021).

Dikatakan, vaksin produksi Biofarma dan Sinovac ini akan disimpan pada Depo Farmasi Dinas Kesehatan Buleleng di Jalan Serma Karma, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng.

“Sebanyak 4000 vial aksin akan disimpan, sisanya akan disebar langsung ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan (faskes) yang memiliki ‘cold chain’ (alat penyimpanan vaksin, termasuk pendingin,red). Faskes yang tidak punya cold chain, pengambilan vaksinnya dilakukan pada depo farmasi sesuai keperluan,” tandasnya. Suyasa menambahkan, Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Kabupaten Buleleng kan dimulai Rabu (27/1/2021), sesuai dengan protap di seluruh Puskesmas dan Faskes yang telah ditentukan.

Terkait sasaran Vaksinasi Tahap I, Suyasa mengungkapkan selain tenaga kesehatan (nakes) yang memang objek prioritas, ada 10 orang penjabat yang akan divaksin.

“Calon penerima vaksin diseleksi dengan ketat sesuai dengan kreteria, antara lain rentang usianya 18-59 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid,red). Termasuk pejabat anggota Forkompinda dan tokoh adat atau tokoh masyarakat yang juga akan divaksin pada pelaksanaan Vaksinasi Tahap Pertama,” tegasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here