Promosikan Kain Endek Bali, Gubernur Koster Gandeng Christian Dior

0
43
VIRTUAL : Kerja sama Pemprov Bali dengan Christian Dior promosikan kain Endek Bali.

DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster bersama Senior Vice President General Counsel Marie Champey melakukan kesepakatan kerja sama mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia, khususnya dalam pemanfaatan tenun ikat Endek Bali dalam produk Dior.

Kerjasama dilakukan secara virtual, Jumat (8/1/2021) melalui penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP). Sebelumnya pada 25 September 2020, Christian Dior melayangkan surat ke Dubes RI di Paris yang berkeinginan menggunakan kain Endek Bali untuk desain koleksi spring/summer 2021. Setelah itu pada 29 September 2020, dilakukan peluncuran koleksi yang dilaksanakan pada peragaan busana di Paris Fashion Week. “Mengingat kapasitas produksi penenun Kain Endek Bali sangat terbatas dan agar penenun di Bali dapat memenuhi kebutuhan pihak Rumah Mode Christian Dior Paris, maka pemesanan kain Endek Bali agar dilakukan lebih awal,” ujar Wayan Koster di rumah jabatan Jayasabha, Denpasar.

Merujuk permohonan tersebut, dilakukan beberapa kali pertemuan secara virtual dihadiri Gubernur Bali, Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar RI di Paris, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, dan pihak Christian Dior untuk membahas permohonan dan persyaratan yang ditentukan Pemerintah Provinsi Bali terkait keinginan Pihak Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali sebagai produk busana serta motif Endek Bali sebagai produk sepatu dan tas.

Wayan Koster menyampaikan, dalam penggunaan kain Endek Bali dan motif Endek Bali oleh pihak Christian Dior, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi. Diantaranya, Pemerintah Provinsi Bali harus mendapatkan informasi secara akurat, transparan, dan akuntabel dalam pemenuhan kain Endek Bali, ukuran kain endek yang diproduksi oleh perajin maksimal 105 cm. Selanjutnya, untuk warna dan motif yang dihasilkan tidak mutlak sama antara produk yang dihasilkan perajin, serta pihak Christian Dior dan pihak lainnya agar memahami dan menghargai kelebihan dan kelemahan dalam produksi Kain Endek Bali.

Gubernur Koster mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Christian Dior yang memiliki niat baik untuk menggunakan dan mempromosikan kain Endek Bali yang diproduksi secara tradisional oleh penenun kaum perempuan Bali. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Bapak Duta Besar Republik Indonesia di Paris, Ibu Menteri beserta Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, Bapak Menteri Perdagangan beserta Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan yang telah memfasilitasi dan mendukung seluruh proses,ā€¯ungkapnya. (cr1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here