PDIP Bali Testimoni Kekuatan Balian

0
155
Ketua DPD PDIP Wayan Koster sedang mengikuti perayaan HUT PDIP ke 48 secara virtual di Sekretariat DPD PDIP Renon Denpasar

DENPASAR – Perayaan Hari Ulang Tahun PDIP ke-48 tahun ini dirayakan secara virtual. Meski demikian PDIP dalam perayaan ditengah Pandemi Covid-19 tetap bersemangat dan bahkan dalam perayaannya, PDIP memiliki target untuk mengejar rekor muri dengan peserta paling banyak secara virtual mencapai 365.600 peserta. Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali yang juga Koordinator Perayaan HUT PDIP Bali, Dewa Made Mahayadnya bersama Wakil Sekretaris DPD PDIP Bali, di kantor DPD PDIP Bali, Minggu (10/1/2021).

Di Bali tahun ini, nampaknya ada hal menarik yang akan dilakukan PDIP Bali setelah mengikuti perayaan serentak seluruh Indonesia secara virtual, di DPD PDIP Bali. Dewa Mahayadnya mengatakan, perayaan Hut PDIP oleh DPD PDIP di Bali akan dilaksanakan sampai 30 Mei 2021. Selama HUT ini, PDIP akan menggelar berbagai kegiatan yang salah satunya akan melakukan testimoni kekuatan para balian (dukun) di Bali. Testimoni kekuatan para balian ini dalam melakukan pengobatan dan penyembuhan pasie-pasiennya juga akan diviralkan ke medsos.

BACA JUGA:   Terbukti Melanggar Kode Etik, Ketua KPU Karangasem Lengser

Dewa Mahayadnya menjelaskan alasan PDIP melakukan ini karena di Bali mengenal metode pengobatan yang dilakukan masyarakat Bali ada dua yakni pengobatan skala dan niskala. Kedua metode pengobatan inilah yang akan digali DPD PDIP. Para balian yang memiliki cara pengobatan seperti halnya dengan pengobatan cara jarak jauh dengan ucapan puja mantranya tanpa menyentuh pasien akan tetapi juga bisa membuat pasiennya sembuh.

Pengobatan pasien yang kena black majic (ilmu hitam) yang tidak bisa disembuhkan lewat pengobatan oleh dokter, akhirnya bisa sembuh ketika dibawa ke balian sakti.

Pengobatan pasien yang patah tulang, tanpa perlu pengobatan dokter juga bisa disembuhkan dengan pijatan balian. “Seperti pengobatan pasien patah tulang daerah Dalem Puri di Karangasem,” katanya sembari menambahkan nanti para baliannya akan kita undang melakukan testimone terhadap pasien pasien yang berhasil disembuhkan.

BACA JUGA:   Serempetan dengan Bule Rusia , Pelajar Luka-luka

Selain metode pengobatan oleh balian, DPD PDIP juga akan menghelar berbagai lomba dan kegiatan guna mendukung program visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Diantaranya lomba barista coffe Bali. Lomba ini dilaksanakan karena sejumlah kabupaten di Bali memiliki produk kopi yang dikenal dunia. Seperti kopi Kintamani, Kopi Banyuatis Buleleng, Kopi Pupuan dan Kopi Karangasem.

“Kami akan bangkitkan produk-produk kopi di Bali dan pasarkan dalam daerah dan kedepan akan perkenalkan pada momen momen penting yang dilakukan PDIP,” ujarnya.

PDIP juga menggelar lomba cerdas cermat susastra Bali. PDIP beralasan lomba ini digelar susastra Bali ini sangat ditinggalkan oleh anak-anak saat ini. Seperti penggunaan kata-kata apeneleng, apenimpug, adepa, asikut. Cerdas cermat SMP dan SMA untuk membangkitkan hal-hal sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Lomba desaian kreatif endek Bali. Lomba desaian busana adat Bali dengan pakem Bali bagaimana cara berbusana yang baik seperti halnya cara mengginakan kamben.

BACA JUGA:   Koster : Penerapan Protokol Kesehatan ,Kerta Gosa Dan Monumen Puputan Sudah Siap


“Kami coba menggali dengan pakar-pakar busana Bali dan kiita libatkan desianer-desainer terkenal,’pungkasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − six =