WOW ! Komite Dosman Gianyar Minta Sumbangan ke Orang Tua Siswa

0
174
SUMBANGAN : Komite SMA Negeri 1 Gianyar rapat dengan orang tua siswa terkait sumbangan sukarela untuk pembangunan sekolah.

GIANYAR – Di tengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid 19, Komite SMA Negeri 1 (Dosman) Gianyar meminta sumbangan sukarela ke orang tua siswa untuk pembangunan sekolah.

Tak pelak, sejumlah orang tua siswa merasa keberatan dengan pungutan meskipun ada embel-embel sukarela. Namun, dominan dari mereka menyepakatinya dalam rapat yang berlangsung di SMA Negeri 1 Gianyar, Senin (21/12/2020).

Ketua Komite SMA N 1 Gianyar Pande Nyoman Yoharsana yang dikonfirmasi mengatakan, sumbangan sukarela itu diminta kepada orang tua siswa kelas X dan sudah menjadi kesepakatan orang tua siswa. “Sesuai aturan, kami dibenarkan memungut, dan itu semua kesepakatan orang tua, tidak ada pemaksaan ini. Kalau tidak punya uang tidak masalah,”ujarnya.

Yoharsana menyampaikan nominal dari sumbangan sukarela tidak ditentukan atau sesuai kemampuan orang tua siswa. “Jadi, tidak harus, nilainya berapa juga tidak ditentukan. Kerelaan saja,” tegasnya sembari menyebutkan sumbangan itu diperuntukkan untuk pembangunan di sekolah, salah satunya pengadaan railing (pembatas) di areal sekolah.

Disinggung apakah pengadaan railing ini urgen ? Yoharsana tidak bisa memutuskan urgen atau tidak. Ia juga kembali mengulangi pernyataan bahwa pungutan tidak ada pemaksaan atau suka reka. “Kalau tidak punya uang tidak usah (membangun railing),”ungkapnya.

Yoharsana mengaku sudah mempertimbangkan beban orang tua siswa dimintai sumbangan di tengah pandemi Covid-19.”Ini kesepakatan juga. Karena pandemi, jadi berapa saja boleh. Kalau tahun lalu itu Rp 1,5 juta, itupun tidak wajib. Kalau tidak punya, tidak apa-apa, ” katanya.

Tak hanya sumbangan sukarela, siswa yang sedang melaksanakan proses belajar secara daring tetap membayar uang SPP Rp 150 ribu setiap bulan atau Rp 900 ribu dalam satu semester. ” SPP Rp 150 ribu per bulan per siswa. Ada juga yang dapat potongan, dan bagi siswa kurang mampu tidak bayar SPP” tandasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here