Ngeringkes, Awali Upacara Ngaben Tikus di Pantai Seseh

0
88

Prosesi ngeringkes dalam rangka ngaben tikus di Pantai Seseh

MANGUPURA – Prosesi ngaben bikul yang dilaksanakan Pemkab Badung di Pantai Seseh, Desa Munggu Kecamatan Mengwi, Rabu (18/11/2020) diawali dengan upacara ngeringkes. Upacara pengabenan tikus yang oleh Dinas Kebudayaan dan Majelis Madya Subak, akan dilaksanakan Kamis (19/11/2020) besok.

Upacara ngeringkes sendiri, bermakna untuk menyucikan tikus. Pada proses tersebut, tikus dipilih sesuai jenis kelaminnya. Setelah itu dimandikan dan dibungkus dengan kain kafan dan diberikan aksara suci. Tikus yang akan diaben itu selanjutnya akan dibakar pada proses pengabenan

Salah satu panitia yang ditemui dilokasi mengatakan, pengabenan yang dilakukan tingkatannya dinamai pengabenan sarwa perteka. Sarwa preteka ini dinilai bisa memberikan jalan kepada tikus untuk hidup yang lebih baik kemudian hari.

“Jadi ini pengabenan sarwa preteka madya, atau kita sebut mreteka merana (mengupacarai hama penyakit,” jelasnya seraya menambahkan upacar pengabenan ini merupakan salah satu dari upacara nangluk merana di Bali.

Disisi lain, Majelis Madya Subak kabupaten Badung, Made Suka  mengatakan persiapan upacara pengabenan sudah dilakukan sejak Rabu (11/11/2020). Pada hari itu dilakukan upacara matur piuning di pura subak yang ada di Badung. Setelah itu dilakukan kegiatan meboros atau ngeropyok. Jadi bikul yang mati dikumpulkan di masing-masing kelian subak.

Selanjutnya,  Kamis (19/11/2020) dilakukan upacara pengabenan. Sebelum dilakukan upacara pengabenan, terlebih dahulu dilakukan prosesi ngaskara. Upacara ngaskara sendiri yakni upacara penyucian atma petra menjadi pitara. Pengaskaran untuk mengembalikan unsur Panca Maha Buta secara sempurna, sehingga kesucian dari Sang Pitra terus ditingkatkan. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here