Proyek Pamsimas Solusi Atasi Kriris Air Bersih di Klungkung

0
36
Bupati Suwirta saat meninjau proyek Pamsimas di Desa Gunaksa

KLUNGKUNG- Sejumlah wilayah di Kabupaten Klungkung mengalami krisis air. Kehadiran proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menjadi solusi mengatasi persoalan air bersih di Kabupaten Klungkung.
 
Tidak salah Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan perhatian serius pembangunan proyek Pamsimas sekaligus pengelolaan proyek itu kedepannya. Bupati I Nyoman Suwirta meninjau proyek Pamsimas di Banjar Babung, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Selasa (17/11). Menurut bupati asal Ceningan ini, air merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi. Karena ada daerah yang mengalami krisis air bersih, bagi Suwirta Pemerintah Kabupaten Klungkung wajib hadir untuk mengatasi persoalan tersebut. Kata dia, hadirnya sumur bor dan Pamsimas ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan air di Kecamatan Dawan.
 
“Hadirnya sumur bor dan Pamsimas diharapkan mampu memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan air bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Dawan,” ucap Bupati Suwirta saat mengunjungi Pamsimas di Banjar Babung, Desa Gunaksa.  
 
Ia mengatakan, dengan sutuasi seperti ini dirinya akan menggenjot kepala desa agar segera mengelola proyek Pamsimas dengan menggandeng Bumdes yang ada. “Sehingga nanti desanya bisa menggelola bisnis air sendiri agar kebutuhan dasar masyarakatnya segera bisa terpenuhi. Jangan didiamkan berlama-lama, nanti mesinya mati,” ujar Bupati Suwirta di damping Kadis PUPR Klungkung, Anak Agung Lesmana.
 
Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap desa-desa yang sudah mempunyai Pamsimas agar bisa dikelola secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan air di wilayahnya masing-masing. “Semoga kedepan program Pamsimas ini bisa berjalan secara maksimal agar desa bisa secara mandiri mengelola air bersih,” tegasnya.  Pemkab Klungkung berturut-turut menggelontor proyek Pamsimas. Tahun 2019, ada sembilan desa menerima proyek Pamsimas yakni, Desa Sekartaji, Nusa Penida, Desa Tegak, Klungkung, Desa Paksebali, Dawan, Desa Batukandik, Nusa Penida, Desa Getakan, Desa Nyanglan, Desa Tihingan, ketiganya di Kecamatan Banjarangkan dan Desa Akah, Klungkung.
 
Tahun 2020 ada lima desa digelontor proyek Pamsimas, Desa Nyalian, Banjarangkan, Desa Selat, Klungkung, Desa Aan, Banjarangkan, Desa Timuhun, Banjarangkan dan Desa Gunaksa, Dawan. Selain meninjau proyek Pamsimas, Bupati Suwirta juga meninjau sumur uji eksplorasi di Desa Dawan Kelod. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here