TPS 3 R Solusi Tekan Overload Sampah TPA Mandung

0
70

TABANAN – Persoalan sampah di Tabanan di Bali termasuk di Tabanan belum ada titik terang. Berbagai solusi dicoba untuk menekan overload sampah di TPA Mandung, namun belum membuahkan hasil.  Pengelolaan sampah berbasis desa dengan pembentukan TPS 3 R (reuse, reduce dan recycle menjadi solusi yang bisa diterapkan saat ini menekan volume sampah ke TPS.

Di Tabanan sendiri, saat ini sudha ada sepuluh TPS 3 R di sepuluh desa. Ini menjadi perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan untuk terus diaktifkan. TPS3R  yang sudha ada yakni Banyusuci Bantanyuh Marga, TPS3R Bantas Lestari Desa Bantas Selemadeg Timur, TPS3R Sadu Kencana Desa Dauh Peken Kecamatan Tabanan, TPS3R Desa Dajan Peken Tabanan, TPS3R Pasar Bajera, TPS3R Pujungan Pupuan, TPS3R Pajahan Pupuan, TPS3R Luhu Luwih Desa Selabih, Selemadeg Barat, TPS3R Sanggulan Kediri, TPS3R Jatiluwih Penebel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Made Subagia ketika dikonfirmasi mengaku, semua TPS3R yang terbangun di masing-masing desa di Tabanan dibantu oleh Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR dengan anggaran masing-masing TPS3R sebesar Rp 600 juta. Namun sayangnya tidak semua TPS3R aktif berjalan.

“Ada yang berjalan dengan baik, tapi ada yang masih perlu dilakukan pembinaan,” tandasnya, Selasa (10/11/2020). (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here