Peralatan Lengkap, Lab PCR RSUD Buleleng Siap Operasi

0
81
UJI COBA : Vendor BNPB lakukan uji coba peralatan Lab PCR RSUD Buleleng

BULELENG- Peralatan Laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Kabupaten Buleleng, Selasa (10/11/2020) sudah lengkap. Oleh ‘vendor’, rekan kerja BNPB bahkan langsung diuji coba bersama dengan Tim PCR RSUD Buleleng sebagai upaya optimasi. Setelah dilakukan optimasi peralatan dan sumber daya manusia (SDM) selama satu minggu, Laboraturium PCR RSUD Buleleng ini diharapkan siap beroperasi penuh melayani test swab untuk percepatan penanganan Pandemi Covid-19.

“Semua peralatan sudah lengkap, dan saat ini mresin PCR bantuan dari BNPB dan peralatan penunjang kita siapkan sedang diuji coba oleh vendor bersama Tim PCR RSUD Buleleng,” tandas Direktur RSUD Buleleng, dr. Putu Arya Nugraha.

Arya Nugraha didampingi dr. Arimas selaku Kepala Instalasi Laboraturium menyatakan, pengoperasian secara penuh Laboraturium PCR RSUD baru bisa dilakukan pekan depan setelah uji coba peralatan dan optimasi Tim PCR dilakukan selama kurang lebih satu minggu.

“Setelah setting tempat dan uji coba peralatan, tahap persiapan selanjutnya adalah optimasi Tim PCR yang telah kita siapkan, terdiri dari dokter dan tenaga analisis yang telah mengikuti pelatihan,” terangnya.

Selain penyesuaian dengan peralatan, kata Arya Nugraha, selama optimasi ini Tim PCR RSUD juga melakukan uji coba test swab dengan mengambil sampel pasien RS.

“Jika tidak ada permasalahan teknis, pekan depan Laboraturium PCR RSUD Buleleng diharapkan dapat melayani test swab dari Satgas Covid-19 Buleleng, RS Swasta, atau masyarakat umum, sesuai regulasi yang ada,” tegasnya.

Sementara Agie, koordinator PCR Mitra BNPB mengungkapkan, dengan reagen atau bahan peraksi kimia yang disiapkan, mesin PCR RSUD Buleleng dapat membaca 96 sample dalam waktu satu setengah jam diluar preparasi atau tahapan wajib dalam menganalisa sample laboraturium.

“Dengan waktu satu jam setengah bisa membaca 96 semple swab, dan jika dioperasikan 24 jam, tidak masalah, mesin PCR ini bisa membaca 750 sampel sehari, tergantung kapasitas RS dalam preparasi materi yang akan ditest,” jelasnya.

Agie menambahkan, reagen yang disiapkan dapat membaca tiga jenis gen yakni E, RdRp dan N.

“Dengan reagen ini, test PCR bisa lebih akurat dalam mendetekti virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19,” katanya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here