Bupati Suwirta Pantau Proyek Pelabuhan Segi Tiga Emas, Berharap Tingkatkan Perekonomian Warga

0
48
Bupati Klungkung saat meninjau salah satu proyek pelabuhan segi tiga emas di Desa Batununggul,Nusa Penida

KLUNGKUNG- Kehadiran pelabuhan segi tiga emas, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga Nusa Penida.

Proyek pelabuhan segi tiga emas, dua diantaranya dibangun di Nusa Penida, satu di Sanur, Denpasar. Saat ini, pelabuhan di Sampalan,Desa Batununggul sedang tahap pengerjaan. Bupati Suwirta meninjau proyek tersebut, Jumat (6/11/2020).

Proyek tersebut baru dikerjakan sekitar 33 persen. Proyek tersebut diperkirakan rampung 2021 mendatang.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, tahun ini pengerjaan Pelabuhan Sampalan mencakup pembangunan kolam dan break water pelabuhan. Sementara sisanya akan dilanjutkan 2021 memdatang.

” Cuaca disini sangat mendukung untuk pengerjaan proyek. Pembuatan break water juga tidak ada kendala, karena gelombang tenang,” ungkap Suwirta.

Menurutnya, tiga pelabuhan satu paket, pengoperasinnya menunggu dua pelabuhan lainnya rampung tahun 2021. Pelabuhan Sampalan dibangun dua lantai dengan luas area kolam 9.000 meter persegi, kapasitas sandar 10 speedboat, dengan estimasi biaya pembangunan Rp 86,7 miliar.

Sedangkan Pelabuhan Bias Munjul (Lembongan)akan dibangun menjadi dermaga bagi speed boat dan dan kapal Ro-Ro, dengan estimasi biaya pembangunan sebesar Rp 109,6 miliar.

Pada saat ini, Pelabuhan Sampalan (Nusa Penida) dapat menampung kapasitas 1 juta penumpang / tahun. Jika konsep Pelabuhan segi tiga emas ini sudah terealisasi, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan lalu lintas di Pulau Nusa Penida serta Nusa Ceningan serta berdampak pada ekonomi warga setempat. (yan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here