Pusat Gelontor DAK Rp 2,1 Miliar untuk 143 RTLH di Gianyar

0
49
VERIFIKASI : Dinas Perkimta mendatangi salah satu rumah warga untuk verifikasi RTLH.

GIANYAR – Pemerintah pusat menyetujui Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 2,1 miliar yang diajukan Dinas Permukiman Penataan Ruang dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Gianyar untuk program rehabilitasi 143 rumah tidak layak huni (RTLH) tahun 2021.     

“Satu unit dana perangsang pembangunan rumah dari DAK pusat Rp 17,5 juta. Ini sebagai perangsang saja, selebihnya diswadayakan oleh penerima,” kata Kepala Dinas Perkimta Gusti Ngurah Swastika, Rabu (4/11/2020).

Swastika mengatakan masih banyak warga Gianyar tidak memiliki rumah layak huni. Kondisi itu merata di tujuh kecamatan dan paling banyak di wilayah Gianyar Utara. “Meski punya tanah tegalan jumlahnya hektaran,  tetap harus dibantu karena katagori kemiskinan ini objeknya rumah tinggal,”ungkapnya.

Selain DAK pusat, Pemkab Gianyar juga akan menggelontor anggaran dari APBD untuk 144 unit bedah rumah, 126 rehab rumah dan 32 unit jamban. “Karena kemiskinan ini sifatnya fluktuatif, kita tidak bisa pastikan semua akan teratasi. Kami meminta perbekel dan kepala dusun proaktif melaporkan data-data masyarakat. Dapat atau tidaknya bantuan  tergantung hasil verifikasi,”ujarnya.

Sementara tahun ini, pembangunan program bantuan perumahan sudah rampung dan serah terima terdiri dari 144 bedah rumah, 176 rehab rumah dan 40 bantuan jamban.   (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here