Lawan Covid-19, Polres Buleleng Gunakan Spirit ‘Megoak-goakan’

0
87


BULELENG – Berbagai cara ‘melawan’ Pandemi Covid-19 dilakukan oleh eksponen masyarakat di Kabupaten Buleleng. Tak hanya gencar membagikan masker dan penyediaan tempat maupun alat cuci tangan pada tempat umum sebagai bentuk pemenuhan sarana prasarana penerapan protokol kesehatan (prokes).

Dengan menggali potensi, filosofi serta spirit kemasyarakatan, upaya sosialisasi untuk memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam melawan atau beradaptasi dengan Covid-19 juga dilakukan dengan beragam cara.

“Melalui sosialisasi yang dikemas dalam bentuk drama, kita gunakan spirit ‘Megoak-goakan’ untuk mengedukasi warga masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam memutus rantai penyebaran dari Covid-19,”tandas Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, Jumat (30/10/2020) petang usai pelaksanaan sosialisasi bertajuk ‘Lawan Covid-19 Dengan Spirit Megoak-goakan’ di Pantai Bina Ria Lovina.

Didampingi Kabagops Polres Buleleng Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma selaku pemeran ‘Raja Ki Barak Panji Sakti’, mantan Kapolres Tabanan ini menandaskan sosialisasi edukatif dalam bentuk drama/sendratari ini diharapkan dapat memberikan pemahaman warga masyarakat tentang Pandemi Covid-19 yang harus dihadapi bersama-sama dengan disiplin menerapkan Prokes.

“Dengan melansir cerita Raja Ki Barak Panji Sakti dalam membangkitkan semangat pasukannya melalui tradisi Megoak-goakan, Kabagops yang berperan sebagai Raja Ki Barak, mensosialisasikan tentang Pandemi Covid-19 dan menyerap aspirasi serta semangat pasukan, untuk bersama-sama melawan Covid-19 yang diibaratkan sebagai musuh tidak kelihatan,” terangnya.

Pola sosialisasi edukatif ini, akan terus dikembangkan berbasis spirit kemasyarakatan setempat.”Karena, dengan pola berbasis spirit lokal ini lebih cepat mengena dan dipahami oleh masyarakat setempat,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here