Cegah Klaster Objek Wisata, Satgas PP Pelototi Objek Wisata

0
36
Kegiatan warga masyarakat di Pantai Lovina, menjadi sasaran operasi Prokes Masa Liburan di Buleleng

BULELENG – Operasi penertiban terkait penerapan displin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan era baru, gencar dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng. Selain menyasar tempat ibadah, operasi yang digelar sejak Selasa (28/10/2020) hingga berakhirnya libur bersama serangkaian Hari Suci Mulid Nabi dan akhir pekan juga menyasar objek wisata.

“Sesuai dengan arahan Satgas Covid-19 Provinsi Bali penertiban warga masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ini dilakukan karena, libur panjang serangkaian hari raya dan akhir pekan, dinilai rawan terjadinya kerumunan serta munculnya klaster baru penyebaran Covid-19,” tandas Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Muhhamad Windra Lisrianto, Kamis (29/10/2020) usai shalat sekaligus melakukan pemantauan operasi penertiban disiplin protokol kesehatan di Pantai Lovina.

Bersama dengan personil dari Polres Buleleng dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Buleleng, kata Wakil Ketua Satgas-PP Covid-19 Buleleng ini, semua Babinsa di jajaran Kodim 1609/Buleleng dikerahkan dalam operasi, untuk memantau, mengedukasi dan menindak secara terarah dan terukur warga masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Terutamanya terhadap, warga yang tidak menggunakan masker saat berada pada tempat umum atau keramaian, sesuai amanat Peraturan Gubernur Bali No. 46 tahun 2020 dan Peraturan Bupati Buleleng No. 41 tahun 2020 tentang penerapan displin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan era baru,”tandasnya.

Dandim Buleleng

Dandim Windra menyebutkan, dari operasi yang dilakukan masih ditemukan oknum warga yang tidak memakai masker atau membawa masker namun tidak digunakan secara benar, sehingga diberikan tegoran.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Satgas-PP Covid-19 Buleleng Gede Suyasa. Selain gencar melaksanakan penertiban warga masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 pada saat libur panjang, Satgas-PP Covid-19 Buleleng juga sedang menggenjot penyelesaian Laboraturium Polymerase Chain Raction (Lab-PCR) di RSUD Buleleng.

“Pemantauan tempat ibadah dan objek wisata, dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kerumunan warga masyarakat, yang memanfaatkan libur panjang, serangkaian Hari Suci Maulid Nabi ini untuk pesiar, ke tempat-tempat objek wisata. Tujuannya mencegah terjadinya kerumunan dan mengingatkan warga agar tetap taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,3M memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, agar tidak tertular atau menularkan Covid-19,” tandasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here