Penunggak Nunggak Pajak Dipastikan Tak Kebagian Hibah Pariwisata

0
211

MANGUPURA- Kabupaten Badung dipastikan kecipratan dana stimulus atau hibah untuk pariwisata sebesar Rp 948.006.720.000. Dana ini sebagian besar akan diarahkan untuk industri pariwisata seperti hotel dan restoran. Syaratnya, hotel dan restoran tidak boleh nunggak pajak ke pemerintah daerah. Selain itu, hotel dan restoran wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Badung I Ketut Lihadnyana menjelaskan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penggunaan stimulus atau hibah pariwisata ini sudah keluar, termasuk nilai nominal stimulus untuk Badung juga sudah diketahui.“Terkait dengan dana transfer stimulus untuk pawirisata itu, kemarin sudah kami dapatkan angkanya sekitar Rp 948 miliar lebih,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020).

Sesuai dengan petunjuk pelaksana (jutlak), kata Lihadnyana, sebesar 70 persen digunakan untuk mendukung operasional manajemen hotel. Selanjutnya 30 persennya bisa dikelola Pemerintah Daerah dalam mendorong pengembangan ekonomi produktif di daerah. Kemudian, 5 persen lagi untuk pengawasan monitoring. Saat ini sedang dilakukan pembahasan persyaratan penerima stimulus, agar tepat sasaran, dan terpenting memberikan manfaat dan mendorong pemulihan ekonomi Bali khsusunya di Badung melalui sektor pariwisata.

Penerima bantuan, lanjut Lihadnyana diverifikasi secara ketat.“Syarat-syarat (penerima bantuan, red) sudah ada. Begitu juga rumus besaran bantuan sudah disiapkan. Itu kita pakai dan yang jelas kita akan verifikasi ketat,” tegasnya. Yang jelas, lanjut pejabat asal Buleleng ini, bantuan ini akan diberikan secara proporsional kepada hotel dan restoran yang ada.

Syarat yang harus dipenuhi diantaranya, tidak boleh nunggak pajak ke pemerintah daerah di tahun 2019. Kemudian hotel dan restoran yang menjadi calon penerima stimulus juga harus mentaati protokol kesehatan. Apabila kedua syarat itu tidak terpenuhi otomatis tidak akan memperoleh stimulus dari pemerintah. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here