Manfaatkan Event Internasional U-21Jadi Sport Tourism

0
57

Komisi III DPRD Bali tinjau kesiapan Stadion Dipta selengarakan piala dunia U-21

DENPASAR- Komisi III DPRD Bali yang dipimpin langsung Ketua Komisi, AA Ngurah Adhi Ardhana mengecek kesiapan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali yang akan dijadikan tempat dilaksanakannya pertandingan Piala Dunia U-21 di tahun 2021 mendatang. pada penyelenggaraan Piala Dunia U-21 nanti ada enam stadion yang disiapkan untuk menjadi venue, salah satunya Stadion Kapten Dipta di Gianyar. Seperti apa persiapan stadion dalam menyambut event Piala Dunia U-21, Komisi III DPRD Bali melihat langsung ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (20/10/2020).

Dalam kunjungannya, Komisi III langsung mengecek progres dari pembenahan dan penambahan fasilitas penunjang, seperti kantong parkir dan informasi baik itu rute dan transportasi. Dalam kegiatan kunjungan kerja Komisi III DPRD Bali selain dipimpin Ketua Komisi III Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana juga didampingi Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Suyasa. Sementara anggota Komisi yang nampak hadir diantaranya Nyoman Laka, Ketut Purnaya, Kadek Diana, Nyoman Purwa Ngurah Arsana, Wayan Arta, IGA Diah Werdhi Srikandi WS, Ni Luh Yuniati, dan Yuli Artini.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Bali Gung Adhi–demikian panggilan akrabnya, event internasional seperti Piala Dunia di Bali memang menjadi perhatian semua pihak tak terkecuali dengan Legislatif ya g sebagian besar senang nonton bola. Pihaknya berharap agar penyelenggaraan berjalan dengan lancar apalagi, dengan adanya Piala Dunia mampu mengangkat nama Bali. Bukan hanya itu event bertarap internasional ini Bali dapat memanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata, sport tourism.

Bali yang selama ini menjadi daerah tujuan wisata dunia, selain pariwisata budaya dan alam, Bali juga gencar dengan Sport Tourism. Dengan adanya event Piala Dunia tersebut, diharapkan mampu mendongkrak pariwisata. “Ini satu langkah yang bagus, kita promosi yang baik. Contohnya Australia main disini, tamu Australia kan bisa kesini sekaligus memberikan suport pada pemainnya,”ujarnya.

Sementara dalam pebenahan sarana dan prasarana penunjang, meski ada bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR, akan tetapi perlu pendampingan dari Pemprov Bali guna mengatasi kekurangan. Sehingga kekurangan tersebutbisa dianggarkan dalam APBD Bali. Secara kebetulan, di DPRD Bali sedang persiapan membahas KUA-PPAS dan APBD Tahun 2021. “Kami berfikir adanya event internasional tahun 2021, disitulah kami berupaya, seandainya masih kekurangan dan kesiapan infrastruktur diluar venue, tentu akan kita siapkan untuk kelancaran event internasional ini digelar nanti,” imbuhnya.

Pemprov Bali telah memberikan anggaran kepada Kabupaten Gianyar berupa Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk penataan lahan parkir sebesar Rp. 10 Milyar. Begitu juga dengan single seat di Tribun penonton. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hanya menyediakan 5000 single seat, sementara kapasitas stadion 18 ribu. Pihaknya berharap kekurangan itu bisa penuhi. “Kalau memang tidak ada dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kita akan siapkan,”pungkasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here