Hujan Lebat, Bangli “Dikepung” Longsor

0
28
Hujan deras di Bangli menyebabkan bencana longsor di sejumlah tempat

BANGLI—Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bangli, mengakibatkan bencana tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik.

Hujan lebat ini juga mengakibatkan tembok penyengker rumah warga Desa Undisan, Tembuku jebol.

Kepala Pelaksana BPBD Bangli Ketut Gde Wiredana didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa saat dikonfrimasi, Senin (5/10/2020) membenarkan adanya bencana tersebut, sebagai dampak dari hujan lebat yang turun Minggu malam, hingga Senin dinihari.

“Hujan lebat semalam mengakibatkan bencana tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bangli,”ucapnya.

Jelasnya, untuk Kecamatan Bangli bencana alam terjadi di Kelurahan Kawan. Serumpun bambu tumbang disertai tanah longsor di jalur Tegallalang-Tambahan. Hal ini mengakibatkan arus lalin di jalur Tegalalang-Tambahan sempat tertanggu.

“Upaya penanganan sudah kami lakukan bersama masyarakat sehingga kini kondisinya sudah bisa dilalui kendaraan,”sebutnya.

Di Kecamatan Tembuku,lanjutnya, dampak hujan deras tersebut telah menyebabkan tanah longsor di jalur Bangli-Tembuku-Karangasem, tepatnya di Desa Jehem. Ditempat ini, tepatnya di perempatan Desa Jehem, material tanah longsor tersebut menimbun hingga sebagian badan jalan.

Akibatnya, arus lalin tertanggu. Selain di Jehem, kejadian bencana juga terjadi Desa Undisan. Dimana tembok rumah warga setinggi 2 meter dengan panjang 10 meter ambrol. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian bencana tersebut. Sementara kerugian material yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp 30 juta. Menurut Agus Sutapa, hujan deras yang terjadi belakangan ini diperkirakan disebabkan sebagai dampak adanya perubahan cuaca La-Nina. (dus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here