Residivis Curanmor Jaringan Jember-Bali Ditangkap

0
56
Pelaku curanmor Kristian Hadi ditangkap Polsek Mengwi.

MANGUPURA – Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi mengungkap kasus curanmor di proyek villa Jalan Gunung Agung, Banjar Batu, Desa Pererenan, Mengwi, Badung. Hanya, dari tiga orang yang terlibat, polisi baru menangkap satu pelaku yakni  Kristian Hadi (37).

Kasubbag  Humas Polres Badung Iptu I Ketut Oka Bawa mengungkapkan, dua pelaku yang masih buron berinisial S dan A. “Kristian Hadi bersama dua temannya merupakan komplotan spesialis curanmor jaringan Bali-Jember dengan modus kunci palsu,”ujar Oka Bawa, Rabu (30/9).

Komplotan ini beraksi, Senin (21/9) sekitar pukul 21.00. Mereka menyasar Jupiter Z DK  4969 SQ milih buruh proyek I Nengah Artana (21). Korban asal Banjar Juwuk, Desa Datah,  Karangasem, sedang tertidur. Sedangkan dua temannya yang masih melek mendengar suara kendaraan keluar dari gang. “Karena curiga, saksi membangunkan korban kemudian keluar dan motornya sudah tidak ada di tempat semula,”ungkapnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, petugas mengantongi identitas  pelaku Kristian Hadi. Pria yang bekerja sebagai sopir ini digerebek di rumahnya di Banjar Banyubiru,  Jembrana, Senin (28/9). Diinterogasi petugas, ia mengaku mencuri motor bersama   S dan A yang sama-sama asal Jember, Jawa Timur. “Dari keterangan itu, anggota Reskrim berangkat ke Dusun Pakis Jember tapi kedua pelaku sudah kabur dari rumahnya dan kini masih dalam pengejaran,”beber Oka Bawa.

Kristian Hadi dalam pemeriksaan mengaku sebelum beraksi melakukan survei di TKP dan melihat ada motor Jupiter serta Vario. Setelah dirasa aman, ia keluar menuju depan gang kemudian menghubungi S dan A.

Kedua buronan itu masuk ke parkiran proyek membawa kunci letter Y dan dalam hitungan menit berhasil melakukan aksinya dan langsung ditawarkan ke beberapa pembeli di Denpasar tapi tidak laku. Sehari setelah itu, Kristian membawa kendaraan tersebut ke Jembrana dan memasang nopol palsu. “Motor korban digadai oleh pelaku Rp 800 ribu dan uangnya dibagi tiga,”tandas Oka Bawa.

Kristian tercatat seorang residivis kasus pencuarian mobil truk di  Nganjuk, Jawa Timur  tahun 2017 dan divonis 1,5 tahun penjara di Lapas Surabaya. (bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here