Reaktivasi Pedagang Pantai Kuta Tunggu Ketok Palu Paruman Desa Adat

0
43
Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista.

BADUNG – Meski Pantai Kuta dibuka kembali pada Juli 2020,  Desa Adat Kuta hingga kini masih meniadakan aktivitas berjualan karena penataan data pedagang belum ketok palu.

“Memang sudah banyak pertanyaan dari para pedagang melalui para kelihan. Kami harap mereka bersabar karena kami dari desa adat secepatnya akan melakukan Langkah agar mereka bisa berjualan kembali,” ujar Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, para pedagang yang beerjualan di Pantai Kuta sangat penting untuk ditata karena selama ini ada banyak hal yang dirasa kurang pas seperti adanya nomor pedagang ganda, kepemilikan lebih dari satu nomor. Bahkan, ada yang sudah dagang di pantai juga berjualan di Pasar Seni, Pasar Senggol, serta toko-toko depan LPD Desa Adat Kuta. “Hal-hal seperti inilah yang kita tata dan sekarang tinggal menunggu ketok palu di Paruman Desa Adat Kuta,” ungkapnya.

Penataan dimaksud Wasista itu semacam langkah eleminasi  sehingga ke depan tidak ada lagi istilah nomor ganda, kepemilikan dua nomor, ataupun berjualan di dua aset desa adat. “Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa kesempatan yang ada itu benar-benar dimanfaatkan oleh warga yang memang membutuhkan, bukan malah mengkontrakkan kesempatannya kepada pihak lain,” tegasnya.

Ia menambahkan, setelah dilakukan penataan terhadap data para pedagang, terjadi penurunan angka cukup signifikan. Dari awalnya 1.168 pedagang, menciut ke angka 700-an pedagang. “Kami juga telah rencanakan di pantai itu ada semacam kedai kopi. Dengan demikian pantai Kuta akan bergeliat bukan hanya hingga jam tujuh malam tapi bisa sampai jam 11 malam,” imbuhnya sembari menyampaikan penataan dilakukan menuju Kuta Reborn.

Wasista juga tak memungkiri kemungkinan adanya protes dari pihak yang kecewa. “Yang terpenting itu adalah keputusan Paruman Desa Adat Kuta atas dasar keadilan dan kepentingan orang banyak,” tegasnya sembari menambahkan, penataan pedagang di sepanjang Pantai Kuta dari area berbatasan dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga perbatasan dengan Pantai Legian. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here