Kecelakaan Tembus 1.350 Kasus, Dirlantas Baru Gencarkan Sosialisasi Keselamatan

0
40
Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Indra.

DENPASAR – Baru menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Indra mengaku prihatin dengan tingginya angka kecelakaan di Pulau Dewata. Selama periode Januari sampai Agustus 2020 terjadi 1.350 kasus laka lantas.

Menurut Kombes Indra, angka kecelakaan didominasi pengendara sepeda motor. Bahkan, tidak sedikit korbannya usia produktif. “Penyebab utama terjadinya kecelakaan karena pelanggaran seperti tidak tertib di jalan, mengabaikan penggunaan helm dan melewati batas kecepatan. Misalnya, saat menyalip tidak memperhatikan situasi di depannya. Ada juga keluar dari gang  ke jalan besar langsung nyelonong,” ujarnya, Rabu (23/9).

Mantan Kepala SPN Riau ini mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati.  Ia mengakui tidak sedikit pengendara yang terburu-buru  di jalan sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan. Ia pun mengingatkan masyarakat agar bisa mengatur waktu agar tidak ngebut di jalan.  “Harus dipahami jangan sampai orang lain sudah tertib tapi gara-gara kita tidak tertib semua jadi korban,”tegasnya.

Ia juga mengingatkan para orang tua agar melarang anaknya yang belum cukup umur mengendarai sepeda motor maupun mobil karena cukup berbahaya.  “Memang gampang belajar motor dan mobil tapi untuk memahami aturan ini yang susah. Apalagi merasa baru kita pasti merasa hebat naik motor atau bisa dibilang over acting. Kalau sudah anaknya tabrakan baru nangis-nangis. Kalau motornya ditahan merengek rengek. Beli motor khan pakai duit, bukan untuk dirusak atau ditabrakkan begitu saja,”tegasnya.

Seperti apa sosialisasi kecelamatan berlalu lintas di tengah pandemi ? Kombes Indra mengatakan lebih banyak mamanfaatkan media sosial. Namun, anggotanya yang bertugas di lapangan tetap rutin memberikan imbauan kepada pengendara.   “Sebagai garda terdepan keselamatan berlalu lintas, kami akan terus melaksanakan sosialisasi ke masyarakat. Tujuannya agar masyarakat selalu tertib dan menyematakan generasi agar tidak menjadi korban kecelakaan,”tandasnya. (bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here