Dewan Sorot Proyek Irigasi di Desa Aan, Kualitas Belum Sesuai Harapan

0
126

Rombongan Komisi II DPRD Klungkung melakukan monitoring proyek irigasi di Desa Aan

KLUNGKUNG-Proyek rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan jadi sorotan Komisi II DPRD Klungkung.

Pasalnya, proyek irigasi di daerah irigasi Subak Dauh Desa Aan kualitasnya tidak sesuai harapan, meski realisasi pelaksanaannya melebihi schudle. Sesuai jadwal realisasi proyek harusnya 6,24 persen tapi realisasinya sudah 10, 19 persen.

Hanya saja kualitas proyek dipertanyakan
oleh rombongan Komisi II. Karena lantai saluran irigasi sudah tergerus air. Demikian pula senderan banyak bocor.

Sedangkan proyek irigasi di daerah irigasi Subak Dangin Desa Aan justru belum dikerjakan oleh pihak rekanan. Padahal surat perintah kerja sudah turun dan harusnya sudah dikerjakan per 5 September 2020.

Tapi saat rombongan Komisi II dipimpin Ketua Komisi II I Wayan Misna melakukan monitoring ke lokasi proyek,Jumat (18/9/2020) proyek sama sekali belum digarap. Papan proyek juga tidak terpasang.

“Meskipun progress maju, agar tetap memperhatikan kualitas. Seperti yang didapati di lapangan kualitas bahan yang dipergunakan yakni lantai yang sudah mulai tergerus oleh air, serta lubang-lubang yang ada ditiap senderan,” ungkap Wayan Misna.

Misna mengingatkan kepada pelaksana proyek apabila terjadi hambatan atau keterlambatan dalam proses penyelesaian agar segera diadakan langkah-langkah, sehingga tidak ada proyek yang penyelesaiannya tidak tepat waktu, tapi tetap memperhatikan kualitas,” ujar politisi PDIP ini, didampingi anggota komisi seperti I Wayan Buda Parwata,Sang Nyoman Putrayasa, Gede Artison Andarawata, Nengah Priadnya, Wayan Suarta serta Nyoman Sukirta..

Menurut Misna, dewan berkewajiban melakukan pengawasan terlebih ada laporan dari masyarakat terkait pelaksanaan proyek irigasi di Desa Aan tidak sesuai harapan. ” Kami menindak lanjuti laporan warga. Apalagi setelah kami turun ternyata itu bukan sekedar dimanfaatkan untuk irigasi juga kepentingan lain seperti untuk mandi,” imbuh Misna, pria asal Nusa Penida ini.

Kabupaten Klungkung tahun 2020 ini meluncurkan lima proyek rehabilitasi jaringan irigasi, seperti daerah irigasi Nyanglan, Aan Dauh Desa, Aan Dangin Desa, Jero Kuta Kawan dan Lemek . Kelima proyek ini menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here