Tiga Tema Haornas dari Pemerintah Pusat

0
53

Ketut Suwandi
 
DENPASAR – Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September sekarang ini, pemerintah pusat melalui Kemenpora menentukan 3 tema yakni sport tourism, sport science dan sport industry.


Langkah yang diambil pemerintah pusat tersebut diutarakan Ketua Umum KONI Bali I Ketut Suwandi usai sarasehan Haornas antara KONI Bali dengan beberapa cabang olahraga (cabor) dibawahnya di ruag rapat KONI Bali, Rabu (09/9/2020). Diakuinya, 3 tema itu bakal digalakkan terus ke penjuru Indonesia.  “Terkait sport tourism, pemerintah merancang supaya even olahraga dengan adanya unsur tourism atau wisata baik itu untuk turis lokal atau luar negeri. Diharapkan, sport tourism ini bisa mendatangkan devisa bagi negara. Dan khusus untuk Bali, sangat tepat sekali program tersebut, bahkan sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya,” tutur I Ketut Suwandi.


Sedangkan soal sport science, seiring perkembangan jaman juga berpengaruh ke urusan teknologi. Olahraga menurutnya tidak bisa maksimal dikembangkan secara konvensional. Oleh karena itu teknologi dan ilmu pengetahuan dibutuhkan untuk mengembangkan dunia olahraga. “Butuh kajian serta riset agar berkontribusi nyata untuk prestasi ke depannya,” jelas mantan Ketua KONI Badung ini.


Sementara soal sport industry, dengan berkembangnya prestasi dan sport tourism berdampak bagi industri olahraga terutama sponsor baik itu untuk olahraga profesional, prestasi maupun rekreasi sehingga perputaran ekonomi menjadi menyeluruh. 


Namun sayangnya, keadaan dunia yang sedang dilanda pandemi virus corona membuat semua kalangan olahraga merasa prihatin. Sehingga, kegiatan olahraga menjadi tersendat untuk sementara ini.
“Kita harus optimis dan berdoa semoga pandemi ini segera berakhir. Terpenting adalah mental dari pelaku dunia olahraga yang harus tetap kuat di tengah cobaan ini. Tidak boleh putus berlatih, tidak boleh larut dan tetap mencari solusi untuk merencanakan hal yang baru ke depannya,” tutup Ketut Suwandi. (ari)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here