Panjat Tebing Hadapi Even Padat Tahun Depan

0
38

Putu Yudi Atmika
 
DENPASAR – Setelah kejuaraan panjat tebing Bali Bali Era Baru yang kini jadwalnya masih bakal ditentukan lagi karena ada perubahan, menjadi even awal panjat tebing di masa pandemi sekarang ini. Namun untuk even panjat tebing bakal padat di tahun 2021 menjelang gelaran PON XX/2021 di Papua.


Seperti diutarakan Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika, pada tahun depan sebelum PON Papua setidaknya ada dua kejuaraan yakni Kejuaraan Panjat Tebing Youth level nasional dan Bali menjadi tuan rumah. Belum lagi persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia serta Popnas dan PON.


“Jadi memang tahun depan kami harus mempersiapkan diri dengan matang termasuk juga apakah pemerintah juga siap. Pasalnya ini akan ada keterkaitan erat sekali karena terkait pendanaan dan venue,” ujar Yudi Atmika, Selasa (08/9/2020).


Diakuinya, apa yang dilakukan FPTI Bali tersebut memang harus matang dan didukung penuh pemerintah. Apalagi kini pemerintah Bali gencar menyerukan Bali Era Baru dan mendukung penuh sport tourism. Dan olahraga panjat tebing juga identic dengan sport tourism dan prestasi.


“Makanya khusus untuk para atlet di pengkab dan pengkot FPTI Bali harus mempersiapkan diri juga dengan matang serta jangan hanya berlatih ketika aka nada even saja. Pasalnya tidak berlatih seminggu saja sama dengan tidak berlatih selama enam bulan dan tak berlatih sebulan sama dengan tak berlatih selama setahun. Itulah prinsip terkait latihan di cabor panjat tebing,” tutup Yudi Atmika seraya menambahkan jika semua atlet di daerah harus terus meningkatkan kualitas fisik dan tekniknya. (ari)       
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here