Telah Tersertifikasi Sangat Memenuhi, Lima DTW Siap Beroperasi

0
471
SANGAT LAYAK : Mulai dibuka, DTW Ulun Danu Baturiti siap terima wisatawan lokal dengan protokol kesehatan yang ketat

TABANAN – Pemkab Tabanan akan membuka secara resmi lima Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang ada di Tabanan, Senin (20/7/2020). Lima DTW tersebut dibuka karena sudah memenuhi belasan kriteria yang tercantum pada syarat sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata Menuju Tabanan Aman dan Produktif. Untuk mengawali, akan dibuka kunjungan untuk wisatawan lokal saja dan peresmiannya sendiri akan dilaksanakan oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti di pusatkan di DTW Ulun Danu Beratan.

Kepala Dinas Pariwisata Tabanan, I Gede Sukanada menjelaskan, ada lima DTW yang akan dibuka Senin besok. Diantaranya adalah DTW Ulun Danu Beratan, The Blooms Garden dan   Kebun Raya Eka Karya Bali di Kecamatan Baturiti. Selain itu  juga kan dibuka  resmi dan mulia beroperasi yakni ,  DTW Jatiluwih dan DTW Tanah Lot. Kelima DTW ini bersama dua DTW lainnya yakni Pura Luhur Batukau dan Yeh Panes Angseri telah tersertifikasi dengan kategori sangat memenuhi syarat. “Besok (Senin ini)  akan dibuka secara resmi Ibu Bupati di DTW Ulun Danu beratan.  Saat ini masih persiapan dan sudah ada lima DTW yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan sertifikat Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata Menuju Tabanan Aman dan Produktif,” jelas Sukanada, Minggu (19/7/2020).

Sertifikasi yang dimaksud tersebut, kata dia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Diantaranya, sudah menyiapkan Thermo scanner, wastafel, hand sanitizer, masker, sarung tangan petugas, desinfektan, tanda petunjuk tempat cuci tangan, pengeras suara, petugas khusus, media informasi Covid-19, serta sarana emergency. Lima DTW tersebut sudah memenuhi kriteria tersebut dan sudah masuk dalam kategori sangat memenuhi.  “Artinya lima DTW ini sudah sangat  memenuhi semua syaratnya. Kemudian dibukanya DTW ini  diawali untuk kunjungan wisatawan lokal,” katanya.

Sukanada melanjutkan, setelah tahap awal ini berjalan akan dilaksanakan evaluasi. Kemudian dari evaluasi ini nantinya kita akan menilai apakah layak atau tidak untuk menuju tahap berikutnya, yakni membuka kunjungan untuk wisatawan nusantara (domestik) pada 31 Juli mendatang seperti yang diwacanakan Pemprov Bali belum lama ini.

Ketika disinggung mengenai target kunjungan wisatawan, mantan Camat Kerambitan ini masih belum menanggapinya.  “Intinya kita akan terus evaluasi dan pembukaan kunjungan akan menyesuaikan dengan hasil evaluasi tersebut. Artinya akan dilaksanakan secara bertahap,” jelasnya.  Sukanada menambah, pihaknya telah melakukan survey terhadap  24 DTW atau obyek wisata yang ada di Tabanan.   Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya  sangat memenuhi syarat.  Enam memenuhi syarat,  delapan  kurang memenuhi dan tiga  yang masuk kategori tidak  layak. “Untuk yang memenuhi syarat , kami akan terus melakukan pembinaan,” pungkasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here