Soal Pembangunan Stadion Mengwi, Ini Saran KONI Bali

0
90
Ketut Suwandi

DENPASAR – Stadion Mengwi Badung yang pembangunannya kini sementara ditunda oleh Pemkab Badung dinilai sangat tepat jika levelnya nantinya merupakan stadion internasional dan bukan level nasional. Pasalnya, banyak pertimbangan dengan level internasional yang berdampak positif terhadap stadion itu sendiri dan pengelolaannya.

Penilaian tepat jika nantinya Stadion Mengwi dirubah levelnya sementara ini dari level nasional menjadi internasional datangnya dari KONI Bali. Bahkan induk organisasi olahraga di Bali itu juga memberikan saran yang positif untuk ke depannya dan berdasarkan dari beberapa stadion yang sudah ada di Bali dengan problem yang terjadi  selanjutnya. “Kami memberikan masukan lebih baik Stadion Mengwi nantinya dibangun dibuat level atau standar internasional saja. Karena ada beberapa stadion di Bali dengan standar nasional justeru tidak bisa dirawat dengan baik karena biaya perawatannya juga cukup besar,” saran Ketua  Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Minggu (21/6/2020).

Dicontohkannya bagaimana Stadion Pecangakan di Negara yang memiliki biaya perawatan tinggi. “Sungguh bagus jika Pemkab Badung memiliki  uang banyak membangun Stadion Mengwi yang level internasional sehingga  bisa untuk even-even internasional seperti menggelar kejuaraan apa  saja termasuk sepakbola yang sifatnya internasional. Termasuk untuk mengundang klub-klub besar serta raksasa di Liga terkenal luar  negeri,” tambah mantan Ketua KONI Badung tersebut.

Dengan demikian lanjutnya, maka biaya perawatan akan bisa di back up dengan dana sewa Stadion untuk even-even internasional tersebut dan  meringankan biaya perawatan tiap bulannya. Menurut Suwandi kasihan  jika Stadion Mengwi nantinya justeru sulit mencari biaya perawatan  jika berstandar nasional dan sedikit yang menyewa. “Sebenarnya ini mumpung pembangunan stadion itu sendiri kini ditunda sehingga masih banyak waktu untuk mengkaji dan merubah level stadion itu. Kalau perlu tidak usah buru-buru membangun tapi bertahap tiap tahunnya dan menjadikan Stadion Mengwi megah milik Badung,” tutup  Suwandi seraya menambahkan hal itu bagus apalagi bakal ada investor  tim sepakbola yang bakal menggunakan stadion tersebut ke depannya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here