Dilema, Atlet PON Panjat Tebing Belum Bisa Latihan di Luar

0
148
LINTASAN:; Atlet panjat tebing PON Bali butuh latihan di lintasan langsung.

DENPASAR – Latihan di luar dengan menggunakan lintasan panjat tebing  dinilai sangat penting dalam meningkatkan kualitas ketahanan dan  kecepatan pemanjat tebing PON Bali. Dasar itulah yang membuat Pengprov FPTI Bali mempertimbangkan untuk memberikan program atlet PON Bali  berlatih di luar rumah disamping latihan fisik di rumah masing-masing. Hanya saja dilemma kini menjadi sisi lain yang juga harus difikirkan.

Sejatinya latihan di luar khususnya di lintasan panjat tebing di kawasan Stadion Ngurah Rai Denpasar ingin diberlakukan kepada para atlet PON Bali. Namun pengawasan terutama dari pihak Satpol PP yang sering datang ke kawasan tersebut membuat latihan diluar itu tidak  dilakukan.  “Kami akan pertimbangkan setidaknya sepekan lagi latihan di lintasan  itu digunakan oleh para atlet panjat tebing PON Bali. Namun jumlahnya cukup dua atau tiga atlet saja dan tetap menggunakan jarak. Artinya dari sisi kesehatan tetap kami perhatikan,” ungkap Wakil Ketua II FPTI  Bali Suhardi Eka Prasetya, Senin (25/5/2020).

Meski demikian ada dilema tersendiri untuk melakukan latihan seperti itu karena KONI Bali sendiri menyarankan melakukan latihan mandiri di  rumah masing-masing, meski riilnya masih ada cabor lain dengan jumlah 1 atau 2 atlet PON saja berlatih diluar rumah. “Itu dilema tersendiri. Tapi nanti akan kami coba dengan  mempertimagkan dulu dengan matang, karena dengan apa yang menjadi saran KONI Bali itu jika ada persoalan non teknis akan menjadi resiko sendiri,” tegas Suhardi.

Kalau tidak di lintasan panjat tebing memang pengaruhnya sangat besar terutama untuk ketahanan tubuh atlet PON kami dalam sisi cengkeraman  tangan atau lainnya termasuk untuk kecepatan dalam melakukan panjatan. “Jika tidak latihan lintasan sekarang ini hanya latihan kebugaran saja  maka pengaruh penurunan sangat besar,” tukas Suhardi. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here