BulelengPendidikanTerkini

Wisuda 775 Lulusan Plus ‘Fast Track’, Rektor Undiksha Berharap Bisa Berdaya Saing

BULELENG – Melalui rapat senat terbuka, Rektor Undiksha Singaraja I Wayan Lasmawan mewisuda 775 lulusan dengan rincian sebanyak 552 orang S1, 206 orang S2 dan 17 orang S3.

Selain menyatakan bangga bisa mengantarkan putra putra terbaik dari berbagai belahan nusantara seperti Papua dalam menyelesaikan pendidikan tinggi, Lasmawan juga berharap kepada lulusan termasuk diantaranya 53 lulusan dari Fakultas Kedokteran dan 6 lulusan program Fast Track hasil kerjasama Undiksha dengan Ming Chi University of Technology (MCUT) Taiwan senantiasa menjaga nama baik almamater dan mampu bersaing pada era globalisasi.

“Karena, dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran, Undiksha berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada para mahasiswa untuk melahirkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global. Dan saya berharap kepada para wisudawan dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan benar-benar bisa bersaing,” tandas Rektor Undiksha, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd., pada acara Wisuda ke-73 tahun 2024 di Auditorium Undiksha Singaraja, Jumat (19/4/2024).

BACA JUGA:   Mantan Ketua LPD Bakas Dijatuhi Hukuman 8 Tahun Penjara, Ganti Rugi 9 Miliar

Rektor Lasmawan menegaskan, kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya tak hanya memotivasi civitas akademika Undiksha untuk memberikan layanan terbaik sehingga dapat melahirkan lulusan berdaya saing, tapi juga mampu meraih prestasi yang membanggakan.

“Prestasi tahun 2023-2024 yang dapat dijadikan pemantik untuk selalu berbenah dan bergerak maju bersama antara lain Gold, Silver dan Bronze Winner Anugrah Dikti Ristek dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi pada bidang kerjasama, PKKM, Publikasi internasional, ranking sinta, siaran pers kampus, dan layanan terpadu,” ungkapnya.

Kemudian 19 program studi terakreditasi internasional, 45 % program studi terakreditasi unggul dan peringkat 12 nasional ajang PIMNAS ke-36.

“Undiksha juga telah mengirim 23 mahasiswa untuk mengikuti fast-track (3+2) program bekerjasama dengan MCUT Taiwan, meraih penghargaan terbaik pertama Nilai Kinerja Anggaran (NKA) tahun 2023 dan Undiksha peringkat ke-20 dalam Scimago Institutional Ranking (SIR) di antara perguruan tinggi di Indonesia,” tandasnya.

Prestasi tingkat nasional dan internasional tersebut, kata Lasmawan, beberapa diantaranya merupakan persembahan dari mahasiswa yang diwisuda hari ini.

BACA JUGA:   Pj. Gubernur Mahendra Jaya Bangga Semarapura Festival dapat Pengakuan Sebagai Kharisma Event Nusantara

“Capaian itu merupakan wujud nyata dari komitmen civitas akademika dalam bergerak cepat, kerja keras dan kebersamaan dalam mewujudkan Undiksha sebagai Universitas Unggul dan Berdaya Saing. Sehingga diharapkan bisa menjadi Trend-Setter dan International Reputable University (IRUEL),” terangnya.

Saat ini, Undiksha juga tengah berproses untuk berubah status dari PTN-BLU menjadi PTN-BH sehingga bisa lebih mengoptimalkan peran serta posisi strategis dalam pembangunan pendidikan tinggi.

“Salah satu terobosan yang dilakukan adalah mengoptimalkan aset berupa Kampus di Jalan Raya Sesetan Denpasar untuk perkuliahan mulai tahun akademik 2024. Mahasiswa Undiksha akan dilayani perkuliahannya di kampus Singaraja dan Denpasar secara optimal. Beberapa program studi prospektif yang dibuka untuk perkuliahan di Kampus Denpasar antara lain Program Studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, PGSD, Penjaskesrek, Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Pascasarjana untuk semua Prodi,” pungkasnya. (kar/jon)

Back to top button