BulelengPolitikTerkini

Gulirkan Diskusi Semesta, Semeton ‘BDS’ Buleleng Dorong Pemimpin Dari Independen

BULELENG – Sejumlah tokoh masyarakat dan aktifis Bumi Den Bukit yang tergabung dalam wadah Semeton Bali Dwipa Sakti (BDS) Buleleng gulirkan diskusi semesta bertajuk ‘Kepemimpinan Berbasis Pemberdayaan Rakyat’.

Selain menyerap aspirasi untuk menyatukan visi dan misi, melalui diskusi semesta yang digulirkan sejak tanggal 21 Maret 2024 dari Puri Tukadmungga, Desa Tukadmungga Kecamatan Buleleng juga digelorakan semangat lahirnya sosok pemimpin dari rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi, melalui mekanisme yang juga telah diamanatkan Undang-undang Republik Indonesia tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari calon independen.

“Dilandasi semangat Bali Dwipa Sakti, kepemimpinan spiritual nasionalis berbasis pemberdayaan rakyat/masyarakat, kami bersama sejumlah tokoh masyarakat mencoba menyerap aspirasi melalui diskusi,” ungkap Nyoman Mudita pada kegiatan diskusi semesta di Banjar Dinas Kuum Desa Banyuatis Kecamatan Banjar, Kamis (28/3/2024).

Pada diskusi yang dihadiri Anak Agung Wiranata Kusuma dari Puri Agung Buleleng, Mudita didampingi Dewa Ketut Puja Suradnya selaku penggagas acara menandaskan, dari diskusi yang telah bergulir ternyata sosok pemimpin yang murni lahir dari rakyat sangat diharapkan dan menjadi alternatif ditengah kejenuhan masyarakat terhadap sosok calon pemimpin dari partai politik (parpol).

BACA JUGA:   Lokasabha PHDI Klungkung Kedepankan Kedamaian dan Kesejahteraan Tanpa Ego

“Bukan berarti kita mengecilkan keberadaan parpol, kondisi rakyat yang sudah jenuh dengan sosok pemimpin dari parpol patut menjadi perhatian kita bersama dan dicarikan solusi terbaik. Bahkan, pemerintah melalui Undang-undang tentang Pilkada memberikan ruang bagi kita sekalian untuk melahirkan sosok pemimpin langsung dari rakyat yakni melalui calon independen,” terangnya.

Nama-nama yang muncul sebagai kandidat calon Bupati Buleleng

Dengan dukungan masyarakat dan juga regulasi untuk majunya seorang calon kepala daerah dari independen, Semeton BDS Buleleng mendorong Anak Agung Wiranata Kusuma, salah satu trah Ki Barak Panji Sakti sebagai calon pemimpin dari independen.

Sebagai keturunan Anglurah I Gusti Ngurah Panji Sakti, kata Mudita, Semeton BDS Buleleng yakin Anak Agung Wiranata Kusuma atas restu Ide Betara Panji Sakti akan mampu memenuhi syarat dukungan 35.000 KTP untuk bisa berkontestasi pada Pilkada Buleleng dari jalur independen.

BACA JUGA:   Warga Terancam Diusir Dari Desa Adat Polisi Tambah Kekuatan di Nusa Penida

“Kami dari semeton BDS Buleleng yang terus bergerak bersama rakyat berkomitmen untuk memberikan penuh, lahir batin dalam mewujudkan sosok pemimpin independen yang dipilih langsung oleh rakyat dan bersama rakyat membangun Buleleng,” tandas Mudita diapresiasi Wiranata Kusuma.

Selaku salah satu trah pendiri Kerajaan Buleleng, Anak Agung Wiranata Kusuma menyatakan salut dan menghargai kepercayaan serta dukungan yang diberikan Semeton DBS Buleleng untuk bisa tampil pada Pilkada Buleleng tahun 2024 sebagai calon dari independen.

“Seijin beliau, Ide Betara Sesuhunan, Anglurah Panji Sakti, saya menghargai dukungan yang diberikan sebagai penghargaan bagi kami, selaku trah Ki Barak Panji untuk memimpin dengan spirit Megoak-goakan, bersama-sama rakyat membangun Buleleng,” pungkasnya. (kar/jon)

Back to top button