BadungLingkungan

Pergantian Tahun, Sisakan 20 Ton Sampah di Pantai Samigita

BADUNG – Puluhan ton sampah dievakuasi dari wilayah Pantai Samigita (Seminyak, Legian, dan Kuta), Senin (1/1/2024) pagi. Sampah-sampah tersebut merupakan sisa dari euforia perayaan pergantian tahun 2023-2024. Demikian seperti dibenarkan oleh Koordinator Deteksi dan Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, I Made Gde Dwipayana.

Kata dia, pengerahan tim berikut armada kebersihan, sudah dilakukan sejak pukul 07.00 Wita. Pembersihan kurang lebih memakan waktu selama 2 jam, dengan hasil berupa 20 ton sampah. “Sekitar jam 9, Pantai Samigita sudah bersih. Total sampahnya itu lebih dari 10 truk, atau 20 ton,” ungkapnya via ponsel.

Dirinci olehnya, dari wilayah Pantai Seminyak diperoleh sebanyak 3 truk sampah (1 truk sampah kembang api dan 2 truk sampah pedagang). Sedangkan untuk Pantai Legian, berhasil dikumpulkan sebanyak 4,5 truk (2,5 truk sampah kembang api dan 2 truk sampah pedagang). Sementara untuk area Pantai Kuta, yakni sebanyak 3 truk sampah (1 truk sampah kembang api dan 2 truk sampah pedagang).

BACA JUGA:   Suwandhi Sebut Penataan Kota Semakin Sembrawut

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, temuan sampah pasca perayaan pergantian tahun di Pantai Samigita diakui jauh lebih sedikit. Mengingat sebelumnya, juga dibarengi dengan datangnya sampah dari laut atau lebih dikenal dengan istilah sampah kiriman. “Untungnya sampah pantai (sampah kiriman) saat ini masih nihil. Tidak seperti tahun lalu yang sampah pantainya juga banyak,” ungkapnya. (adi,dha)

Back to top button