BadungPariwara

Raker Komisi IV DPRD Badung dengan Disdikpora, Harapkan Tata Tertib Sekolah Kedepankan Pembinaan

MANGUPURA – Komisi IV DPRD Badung melakukan rapat kerja (Raker) dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Selasa (21/11/2023). Raker yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD, Made Suwardana didampingi jajarannya yakni Edy Sanjaya dan Gede Aryantha salah satunya membahas perbaikan tata tertib (tatib) di sekolah guna meningkatkan disiplin siswa.

Ketua Komisi IV DPRD Badung, Made Suwardana mengatakan tata tertib (Tatib) sekolah yang akan dikaji ulang, diharapkan mengedepankan pembinaan dan menghindari tindakan kekerasan. Tatib ini nantinya berlaku seluruh jenjang sekolah di bawah naungan Disdikpora Badung. 

“Jadi kami membahas tatib di sekolah yang akan disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Jadi dalam penerapannya nanti lebih mengedepankan pembinaan tanpa adanya kekerasan,” ungkapnya.

Disdikpora Badung pun saat ini tengah merancang draf tatib sekolah untuk dibahas kembali dengan jajaran Komisi IV DPRD Badung, sehingga sesuai dengan kebutuhan sekolah. “Draf tengah dirancang minggu-minggu ini akan kami bahas lagi,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Badung, Gusti Made Dwipayana mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan draf terkait Tatib sekolah. Salah satu yang akan diatur adalah dalam pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar. 

“Jadi kami merancang kembali Tatib sekolah, khususnya yang berkaitan dengan disiplin siswa di sekolah. Intinya jika ada siswa yang melanggar akan diberikan peringatan tiga kali jika tetap melanggar akan dipulangkan ke orangtuanya,” jelasnya.

Dikatakan, tatib sekolah yang tengah dirancang sebagai upaya Disdikpora Badung mencegah adanya kekerasan di lingkungan sekolah. Kendati demikian, tatib yang akan dibahas kembali dengan dewan Badung tidak akan mengurangi disiplin siswa di sekolah. “Ini agar tidak terjadi kekerasan di lingkungan sekolah, namun juga tidak mengurangi disiplin sekolah,” ucapnya. (litt)

Back to top button