Sebulan Keluar Penjara, Beraksi Lagi, Residivis Curanmor Diciduk

0
251
curanmor
Kapolres Tabanan beber kasus curanmor yang dilakukan residivis kambuhan

TABANAN –  Oktavianus Dawa (29) rupanya tidak kapok meski baru sebulan  keluar dari LP Kerobokan karena kasus Curanmor tahun 2018. Dia kembali beraksi  mencuri sepeda motor dan benda berharga lainnya di beberapa lokasi termasuk di Tabanan dan di badung. Namun aksinya di Tabanan tercium petugas dan berhasil dibekuk.

Oktavianus   hanya bisa tertunduk malu saat digeber ke depan Polres Tabanan,  Kamis (20/1/ 2022). Pria asal Sumba Barat Daya, NTT ini menjadi tersangka usai melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di rumah kos milik warga bernama Ketut Suardika di Banjar Batannyuh Kaja, Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Minggu (2/1/ 2022) lalu. Sadisnya lagi, tersangka ini selalu membawa sajam jenis pisau Sumba saat aksinya guna melindungi diri dan kemungkinan dipakai untuk mengancam.

Kapolres Tabanan, AKBP Ranefli Dian Candra, peristiwa pencurian sepeda motor ini baru diketahui korban saat baru pulang dari sembahyang. Setibanya di rumah, korban sudah curiga karena melihat sepeda motornya tidak ada di tempat. Selain itu,  korban juga memeriksa barang lainnya di lantai 2,  ternyata handphone beserta power bank milik istrinya juga tidak ada. Korban yang mengalami kerugian sekitar Rp 19 Juta lebih langsung melapor ke Polsek Marga.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas dipimpin Kapolsek Marga, AKP I Gede Budiarta  langsung melakukan penyelidikan. Dari keterangan saksi yang melihat ciri-ciri pelaku dengan jelas, petugas melakukan pengejaran. Tim opsnal melakukan penyelidikan dan menemukan orang dengan ciri-ciri tersebut di wilayah Denpasar.  Kemudian petugas menemukan tiga orang yang mengendarai sepeda motor curian tersebut.

“Saat disergap, ketiganya mengaku mendapatkan motor dari tersangka Oktavianus Dawa,” jelas Kapolres Ranefli didampingi Kasi Humas Iptu I Nyoman Subagia , Kamis (20/1/2022).

 Dari ketiga orang tersebut , petugas juga mengetahui  tempat tinggal tersangka di sebuah kos wilayah Desa Sibang, Kecamatan Abiansemal, Badung.

“Pelaku ini berhasil kami amankan di kosannya wilayah Abiansemal Badung. Petugas Juga menemukan hp istri korban yang dicurinya. Pelaku ini residivis, dan dulu sempat di dorr karena mencoba melarikan diri saat ditangkap tahun 2018,” jelas AKBP Ranefli.

Dia mengungkapkan, pria yang merupakan residivis kasus yang sama dan baru keluar lapas Kerobokan 21 Desember 2021 lalu ini ternyata melakukan aksi bersama seorang temannya. Temannya tersebut saat ini masih berstatus DPO atau buron. Pelaku mengaku  telah beraksi di berbagai TKP dengan sasaran sepeda motor serta barang berhrag lainnya.  

“Setelah diinterogasi, tersangka mengakui juga telah mencuri sebuah handphone di kosannya, juga sepeda motor Jupiter MX di wilayah Badung,” ungkapnya.

Dijelaskan, modus pelaku ini selalu mengintai sasaran dulu, kemudian memanfaatkan kesempatan katika lokasi sepi atau korban lengah. Contohnya di TKP Marga pelaku ini mengambil sepeda motor yang memang kebetulan kuncinya nyantol.

“Atas perbuatannya, Oktavianus Dawa disangkakan dengan pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 4 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) maksimal hukuman penjara 7 tahun. Juga kan dijerat dengan UU Darurat  karena membawa sajam saat beraksi,” pungkasnya.  (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − one =