Kickoff Vaksinasi Booster Warga Denpasar Dilakukan di RSUD Wangaya

0
102
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mendapat suntikan vaksin ketiga di RSUD Wangaya.
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mendapat suntikan vaksin ketiga di RSUD Wangaya.

DENPASAR – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mencanangkan atau kickoff vaksinasi booster secara gratis bagi masyarakat  Denpasar di RSUD Wangaya, Jumat (14/1/2022).

Vaksinasi ketiga itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Jokowi  dalam menjamin keselamatan, kesehatan dan kekebalan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19. Pada kesempatan itu, Jaya Negara bersama Forkopimda meninjau sekaligus menerima suntikan vaksin booster.

Jaya Negara mengatakan, Denpasar menjadi salah satu kota di Indonesia yang memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi ketiga atau Booster. Vaksinasi masyarakat umum  melebihi 70 persen dan lansia di atas 60 persen.

“Saat ini, vaksinasi masyarakat umum di Kota Denpasar sudah mencapai 122 persen dan lansia di atas 100 persen sehingga Denpasar memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi booster,” ujarnya didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai.

Pemberian vaksin booster bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari Covid-19.

“Meskipun sudah mengikuti vaksinasi lengkap, kami mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr. Ni Luh Putu Sri Armini menjelaskan, tahap awal vaksinasi booster diprioritaskan untuk lansia dan penderita imunokompromais dengan catatan telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap setelah enam bulan.

Ia menambahkan, berdasarkan rekomendasi ITAGI dan persetujuan BPOM serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin, kombinasi awal dari pemberian vaksinasi booster dibagi menjadi dua jenis yaitu vaksin primer menggunakan Sinovac, maka vaksin booster menggunakan AstraZeneca (half dose) atau Pfizer (half dose). Sementara jika vaksin primer menggunakan AstraZeneca maka vaksin booster pakai Moderna (half dose). (sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × two =